Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pakaian Muslim di Toko Sanadi Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara
Abstract
ABSTRAK
Siti Wahida Nafi’a Hidayat, 2023. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pakaian Muslim di Toko Sanadi Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Akhmad Nur Zaroni, M. Ag dan Tika Parlina M.M.
Pakaian adalah salah satu aspek dari kebutuhan primer atau kebutuhan pokok manusia. Pakaian digunakan tidak hanya untuk melindungi tubuh tetapi juga digunakan untuk memperindah penampilan agar lebih menarik. Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya ilmu pengetahuan dan pakaian memiliki perkembangan model yang berubah-ubah. Konsumen semakin cerdas dalam memanajemen uang yang dimilikinya untuk mengambil keputusan pembelian. Harga, kualitas pelayanan, kualitas produk dan faktor sosial sangat memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana variabel Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Faktor Sosial secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu penduduk wilayah Kecamatan Babulu yang berjumlah 34.453 jiwa dengan jumlah sampel berjumlah 100 responden, dalam menentukan jumlah sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Teknik deskriptif kuantitatif yang diawali dengan uji statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan uji linieritas, uji hipotesis dengan anlisisis regresi berganda, uji t/parsial, uji f/simultan, uji r2/koefisien determinasi.
Hasil analisis regresi berganda dengan uji t atau parsial menunjukkan variabel Harga, Kualitas Pelayanan dan Faktor Sosial memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pakaian muslim pada Toko Sanadi, sedangkan variabel Kualitas Produk tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pakaian muslim pada Toko Sanadi. Uji secara simultan variabel Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Faktor Sosial secara bersama-sama berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pakaian muslim di Toko Sanadi. Nilai adjusted r-squared sebesar 0,324 yang berarti pengaruh variabel Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Faktor Sosial sebesar 32,4%.
Kata kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Faktor Sosial dan Keputusan Pembelian.