Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Ash Shobirin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Indah Lestari, 1911306018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Ash Shobirin Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Siti Nor Asiah, S.E,. M.Pd selaku pembimbing I dan Lely Salmitha, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa yang rendah. Hal ini ditandai dengan adanya rasa bosan dalam mengikuti pembelajran, tidak memperhatikan guru dan dalam mengerjakan tugas. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pola asuh dalam mendidik anak serta lingkungan sekolah yang kurang mendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MI Ash Shobirin Samarinda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Menjadikan siswa di MI Ash Shobirin Samarinda sebagai populasi dalam penelitian ini dengan jumlah populasi 289 siswa dan yang menjadi sampel seluruh siswa kelas V yang berjumlah 44 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Purposive sampling. Sumber data diperoleh dari data primer kuisioner dan data sekunder berupa jurnal dan literatur lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan Skala Likert sebagai skala pengukurannya, Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis penelitian.
Berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa, pola asuh orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai sig 0,001 lebih kecil (<) dari 0,05. Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai sig 0,000 lebih kecil (<) dari 0,05. Demikian juga dengan pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh secara simultan terhadap motivasi belajar siswa di MI Ash Shobirin Samarinda. Persentasi pengaruh yang diberikan oleh variabel pola asuh (X1) dan lingkungan sekolah (X2) terhadap motivasi belajar siswa (Y) adalah sebesar 79,6 % berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,796 atau 79,6% sementara 20,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Pola Asuh, Lingkungan Sekolah, dan Motivasi Belajar