Strategi Organisasi Internal Kampus Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa FTIK Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Ikhsan Ramadani, 2023, Strategi Organisasi Internal Kampus Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa FTIK Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Lina Revilla Malik, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Badrut Tamam, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih banyaknya mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda yang tidak memanfaatkan organisasi internal kampus, untuk mengembangkan potensi yang ada didalam diri mereka. Hal tersebut juga yang membuat peneliti tertarik meneliti di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dikarnakan Fakultas tersebut merupakan Fakultas dengan populasi terbanyak, namun banyak dari mahasiswanya yang tidak memanfaatkan organisasi internal kampus yang ada di FTIK. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk (1) mendeskripsikan strategi organisasi internal kampus dalam membentuk karakter kepemimpinan mahasiswa (2) mendeskripsikan komunikasi yang dilakukan organisasi internal kampus kepada mahasiswa.
Metode yang digunakan peneliti yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah ketua organisasi, anggota organisasi dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, yaitu kondensasasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menghasilkan temuan (1) Strategi DEMA, SEMA, dan HMPS yaitu masih fokus kepada membentuk karakter kepemimpinan internal kepengurusannya dengan menggunakan pendekatan penanaman nilai dan pendekatan pembelajaran berbuat yaitu dengan menanamkan kedisiplinan, menanamkan rasa tanggung jawab, menjadikan ketua dan koordinator agenda, dan memberikan motivasi-motivasi. (2) Komunikasi yang dilakukan DEMA, SEMA, dan HMPS kepada mahasiswa FTIK menggunakan metode komunikasi lisan dan metode komunikasi media elektronik yaitu sosialiasasi ke lokal-lokal dan penyeberan pamflet melalui sosial media organisasi maupun sosial media pengurus organisasi untuk memberitahukan kegiatan yang akan mereka laksanakan.