Show simple item record

dc.contributor.authorRamadhan, Wahid Nur
dc.date.accessioned2023-11-28T03:06:31Z
dc.date.available2023-11-28T03:06:31Z
dc.date.issued2023-10-30
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3673
dc.description.abstractABSTRAK Wahid Nur Ramadhan, 2023, “Pengaruh Media Sosial, Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Muslim di Wisata Susur Sungai Mahakam”, Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dedy Mainata, S.E., M.Ag dan Tika Parlina, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat pariwisata di Samarinda, yang meningkat pesat berkat akses transportasi terjangkau dan informasi pariwisata. Dengan peningkatan informasi, wisatawan memiliki kesempatan lebih besar untuk mengeksplor keindahan alam dan warisan budaya kota ini. Samarinda perlu menjaga kelestarian lingkungan dan budaya sebagai destinasi pariwisata berkembang. Kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam merawat ekosistem alam dan kearifan lokal akan mendukung pertumbuhan pariwisata yang berkelanjutan khususnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, word of mouth dan kualitas pelayanan terhadap keputusan berkunjung wisatawan muslim di Wisata Susur Sungai Mahakam secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dari angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan muslim yang pernah berkunjung atau akan berkunjung ke wisata Susur Sungai Mahakam. Sampel ditentukan dengan sampling purposive yang diperoleh sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah keabsahan data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 22. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu secara parsial variabel media social berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai signifikan 0,779 > 0,05. Dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kemudian uji simultan memperoleh hasil bahwa variabel media sosial, word of mouth dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan berkunjung dengan diperoleh nilai Fhitung 392,072 dan Ftabel 2,70. Lalu koefisien determinasi menunjukkan sebesar 92,2% variabel keputusan berkunjung dipengaruhi oleh media sosial, word of mouth, dan kualitas pelayanan dan sisanya 7,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : Media Sosial, Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan, Keputusan Berkunjungen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Sosial, Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan, Keputusan Berkunjungen_US
dc.titlePengaruh Media Sosial, Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Muslim di Wisata Susur Sungai Mahakamen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record