Show simple item record

dc.contributor.authorUmayah, Mirnatul
dc.date.accessioned2023-11-28T03:26:23Z
dc.date.available2023-11-28T03:26:23Z
dc.date.issued2023-09-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3674
dc.description.abstractABSTRAK Mirnatul Umayah, 2023. “Pengaruh Influencer Marketing, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Ventela Pada Mahasiswa Muslim di Kota Samarinda. Skripsi, Prodi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI Samarinda). Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hj. Norvadewi, M.Ag, dan Ibu Nurul Fadhilah, S.S.T., ME. Sepatu Ventela kini mengalami fenomena popularitas yang tinggi. Akan tetapi popularitas tersebut belum tentu menunjukkan sebuah aktivitas pembelian. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian mengenai strategi pemasaran perusahaan Ventela dalam mempertahankan popularitas serta bisa mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Perkembangan teknologi yang pesat perlu diperhatikan oleh generasi muda khususnya mahasiswa muslim dalam berperilaku sebagai konsumen yang bijak, begitupun bagi perusahaan atau bisnis harus berupaya membangun serta mempertahankan barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing, e-WOM dan perceived quality terhadap keputusan pembelian produk sepatu Ventela pada mahasiswa muslim di Samarinda, baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa muslim pengguna sepatu Ventela di Samarinda. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan Rumus Lemeshow. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Teknik analisis data yakni uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier bergdana, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji t (parsial) diketahui bahwa influencer marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Electronic word of mouth (e-WOM) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Perceived quality secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel influencer marketing, e-WOM, dan perceived quality secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh sebesar 55,4% terhadap keputusan pembelian dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci : Influencer Marketing, Electronic Word Of Mouth, Perceived Quality, Keputusan Pembelianen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectInfluencer Marketing, Electronic Word Of Mouth, Perceived Quality, Keputusan Pembelianen_US
dc.titlePengaruh Influencer Marketing, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Ventela Pada Mahasiswa Muslim di Kota Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record