Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Nor Kartika Sari ”Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Samarinda’’ Skripsi jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibawah bimbingan Dr. Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Badrut Tamam, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang skripsi ini adalah Semakin banyaknya sekolah baru yang bermunculan maka terjadi ketatnya persaingan dalam rekruitmen peserta didik baru dalam lembaga pendidikan. Banyak lembaga yang menata system manajerialnya secara sistematis unik dan out off the box untuk memancing atensi calon peserta didik baru. Termasuk yang terjadi di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Samarinda. Sedangkan rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen penerimaan peserta didik baru di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, Display data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian di SLB Negeri Samarinda, dengan sumber Kepala Sekolah, Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sekertaris PPDB, Bendahara PPDB, salah satu Anggota Kepanitian PPDB, dan Tim Assement.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Manajemen PPDB di SLB Negeri Samarinda 1) Perencanaan; dengan dilakukan pembentukan panitia PPDB dengan tugas mengatur, jadwal pendaftaran, tanggal pelaksanaan, prosedur pendaftaran, seleksi, proses penentuan calon peserta didik yang akan diterima, pengumuman calon peserta didik yang akan diterima, sistem daftar ulang, persyaratan administrasi, folmulir, ruangan PPDB, ruangan assement, penyebaran informasi penerimaan peserta didik baru, dan penetapan daya tampung. 2) Pengorganisasian; dilakukan Kepala sekolah menentukan dan menetapkan kepanitian PPDB dengan berdasarkan kompetensi yang dimiliki . 3) Pelaksanaan; dilakukan secara langsung tanpa menggunakan sistem zonasi adapun alurnya: terdapat beberapa prosedur yang telah ditetapkan yaitu pendaftaran, pelaksanaan assement, pengumuman hasil assement dan pendaftaran ulang 4). Pengawasan; Kepala Sekolah langsung mengawasi proses pelaksanaan PPDB. serta panitia dan Tim assement khusus bertanggung jawab dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru. Tahap terakhir evaluasi yang diadakan setelah semua terlaksana.