View Item 
  •   Repository Home
  • Jurnal Mahasiswa
  • Program Doktor S3
  • View Item
  •   Repository Home
  • Jurnal Mahasiswa
  • Program Doktor S3
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Esensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Thumbnail
View/Open
Esensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.pdf (176.1Kb)
Date
2021
Author
Riyadi, Ahmad
Metadata
Show full item record
Abstract
Kemunculan esensialisme merupakan reaksi terhadap simbolisme mutlak dan dogmatis abad pertengahan yang menginginkan manusia kembali kepada kebudayaan-kebudayaan lama yang telah terbukti kebaikan-kebaikannya dalam kehidupan manusia. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengkaji pandangan filsafat esensialisme dalam perspektif pendidikan Islam. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif model studi literatur berbasis analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Essensialisme menganggap nilai-nilai berbudi pekerti yang baik itu terletak pada warisan-warisan budaya, yang telah membuktikan kebaikan-kebaikannya bagi kehidupan manusia. Filsafat Essensialisme merupakan filsafat pendidikan konservatif yang dirumuskan sebagai suatu kritik terhadap praktek pendidikan progresif di sekolah-sekolah, para essensialisme berpendapat bahwa fungsi utama sekolah adalah menyampaikan warisan budaya dan sejarah kepada generasi muda dimana pendidikan harus menanamkan nilai-nilai luhur yang tertata
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3709
Collections
  • Program Doktor S3 [74]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV