Adaptation of BCCT Learning Model in Developing Religious Aspects of Children
Abstract
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  dan  menganalisis  tentang  adaptasi  model pembelajaran  BCCT  dalam  mengembangkan  aspek  keagamaan  anak.  Dengan  metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas A, dan guru kelas B  yang  diambil  dengan  pendekatan  purposive  sampling.  Observasi  awal  di  lapangan menunjukkan  bahwa  pelaksanaan pembelajaran  anak  usia  dini masih  belum  sepenuhnya mengacu  pada  tahapan  perkembangan  dan  pertumbuhan  anak,  khususnya  pada  aspek keagamaan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran BCCT dilakukan melalui; Pertama, berpijak pada lingkungan dengan mempersiapkan tempat dan kondisi sebelum pembelajaran. Kedua,  pijakan pengalaman sebelum bermain, disebut juga sebagai kegiatan pembukaan sebelum memasuki kegiatan inti pembelajaran. Ketiga, pijakan saat  bermain  adalah  aktivitas  anak  dalam  memainkan  peran  sesuai  dengan  pusatnya. Keempat, pijakan setelah bermain adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru dan anak setelah selesai bermain. Kata Kunci: model pembelajaran bcct; religius; anak usia din
Collections
- Program Doktor S3 [74]
 
