dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang adaptasi model pembelajaran BCCT dalam mengembangkan aspek keagamaan anak. Dengan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas A, dan guru kelas B yang diambil dengan pendekatan purposive sampling. Observasi awal di lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran anak usia dini masih belum sepenuhnya mengacu pada tahapan perkembangan dan pertumbuhan anak, khususnya pada aspek keagamaan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran BCCT dilakukan melalui; Pertama, berpijak pada lingkungan dengan mempersiapkan tempat dan kondisi sebelum pembelajaran. Kedua, pijakan pengalaman sebelum bermain, disebut juga sebagai kegiatan pembukaan sebelum memasuki kegiatan inti pembelajaran. Ketiga, pijakan saat bermain adalah aktivitas anak dalam memainkan peran sesuai dengan pusatnya. Keempat, pijakan setelah bermain adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru dan anak setelah selesai bermain. Kata Kunci: model pembelajaran bcct; religius; anak usia din | en_US |