Analisis Data Kualitatif Dalam Evaluasi Kurikulum Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Islam Di Kalimantan Timur
Abstract
Pendidikan Agama Isalam merupakan program studi sarjana pendidikan, dimaksudkan sebagai program mencetak guru. Kualitas guru juga dapat dipengaruhi dari kurikulum yang ditempuh guru Agama selama studi sarjananya. Evaluasi Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam menjadi hal menarik untuk dibahas teknik pengumpulan data kualitatifnya. Tujuan penelitian ini ialah menganalsis dan mengetahui teknik analisis data kualitatif yang digunakan pada Program Studi Pendidikan Agama Islam serta prosedur analisisnya di masing-masing perguruan tinggi di Kalamantan Timur. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa program studi Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi di Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara sama-sama menggunakan metode Deskriptif dalam mendapatkan data kualitatif ketika mengevaluasi kurikulumnya, terutama pada item pembelajaran. Kemudian teknik analisis yang digunakaan terhadap data hasil Deskriptif tersebut ialah anlisis data kualitatif model interaktif Milles, Hubarmen dan Saldana, sedangkan Kota Balikpapan meenggunakan analisis konten, sebab menggunakan data berupa dokumen sebaga data tunggal. Kata Kunci: Analisis Data Kualitatif, Evaluasi Kurikulum, Pendidikan Agama Islam
Collections
- Program Doktor S3 [74]