Show simple item record

dc.contributor.authorHasanuddin, Hasanuddin
dc.date.accessioned2023-12-12T05:31:23Z
dc.date.available2023-12-12T05:31:23Z
dc.date.issued2023-01
dc.identifier.issn2615-4870
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3732
dc.description.abstractPendidikan Islam saat ini berhadapan dengan berbagai macam problem di tengah masyarakat dan salah satu diantaranya yaitu bagaimana membentuk keluhuran sikap yang mewatak pada pribadi seseorang. Problem tersebut melahirkan perdebatan antara kalangan teolog muslim (fuqoha’), filosof muslim paripatetik serta kaum irfani, kaum sufi dan filosof iluminasi. Teolog muslim beranggapan bahwa teks al-Qur‟an dan al-Sunnah melalui penekanan otoritas teks menjustifikasi logika kebahasaan yang digali berdasarkan inferensi, kaum filosof paripatetik menampilkan gagasan yang lebih dominan untuk memperoleh kebenaran melalui argumentasi bahwa posisi al-Qur‟an dan hadits sekedar alat legitimasi, sehingga membutuhkan ta’wil (rasional), sementara kaum filosof iluminasi dari kalangan irfani dan sufiesme beranggapan bahwa kebenaran yang absolut hanya dapat diraih melalui intuisi-mistik. Ditengah perdebatan ini lahirlah aliran filsafat al-Asfar al-Muta’aliyah sebagai poros tengah yang menyatukan perbedaan tersebut sebagai jalan memperoleh kebijaksanaan melalui pencerahan spiritual dan intuisi intelektual yang disajikan dalam bentuk rasional melalui penggunaan argumen empiris. Aliran ini merupakan jawaban atas problem pendidikan saat ini untuk membentuk kesempurnaan jiwa manusia melalui pengetahuan terhadap realitas entitas yang dibangun berdasarkan tradisi empiris kajian Islam, bukan sekedar prasangka ataupun taqlid dan sesuai kapasitas yang ada pada manusia. Kata Kunci: Pendidikan; Filsafat; Mulla Shadraen_US
dc.publisherIQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman Volume 18, Nomor 01, Januari 2023en_US
dc.subjectPENDIDIKAN ISLAMen_US
dc.subjectFILSAFAT PENDIDIKAN ISLAMen_US
dc.titlePendidikan Menurut Filsafat Mulla Shadra (Sejarah Tokoh, Pemikiran dan Aliran)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record