Kepemimpinan Kepala Madrasah di MAN 1 Samarinda Plus Keterampilan dan Riset
Abstract
Abstrak
Khairunnisa 2023, “Kepemimpinan Kepala Madrasah di MAN 1 Samarinda Plus Keterampilan dan Riset”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Wahdatun Nisa, M.A selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Muhammad Ridho Muttaqin, M. Pd. I selaku Dosen Pembimbing II.
Latar belakang skripsi ini ialah kepemimpinan kepala madrasah salah satunya adanya beberapa peningkatan fasilitas yang bertambah dari tahun ke tahun serta fokusnya kepala madrasah dalam menunjang proses pembelajaran peserta didik, adanya kerjasama tim yang baik antara tenaga pendidik dan kependidikan dalam menjalankan proses administrasi dan pembelajaran juga melihat adanya program keterampilan yang ada di MAN 1 Samarinda yang menjadi daya tarik dan pembeda antara madrasah-madrasah yang lain. Kepemimpinan kepala madrasah yang baik dalam meningkatkan mutu pendidikan di lembaga merupakan peran yang penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan agar mampu bersaing dengan lembaga-lembaga yang lain. Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah di MAN 1 ini serta mengetahui keterampilan yang ada di madrasah ini.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diginakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah MAN 1 Samarinda, Kepala Tata Usaha, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, dan Waka Sarana dan Prasarana.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kepala MAN 1 Samarinda Plus Keterampilan dan Riset dalam meningkatkan mutu pendidikan mengutamakan penambahan fasilitas untuk menunjang proses pembelajaran peserta didik dengan ditambahnya jumlah kursi untuk lab bahasa anggaran yang ada digunakan untuk menambah kursi dan juga adanya pembangunan gedung ruang kelas baru sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik kepala madrasah dan seluruh stake holder bersama-sama berusaha untuk memberikan pelayanan yang baik dan kualitas madrasah dengan bekerja sama untuk mewujudkan mutu pendidikan yang semakin baik setiap harinya dan adapun tipe kepemimpinan yang dijalankan mengarah kepada kepemimpinan demokratis dimana terbukanya pemimpin dalam menerima masukan, kritikan, dan pendapat dari bawahan, dimana adanya kerjasama tim yang baik antara wakil kepala madrasah dengan kepala madrasah dalam menjalankan peningkatan mutu pembelajaran dan persiapan anggaran dan dukungan kepada para pendidik (guru) dalam menunjang proses pembelajaran peserta didik serta adanya 5 program keterampilan dan riset yang menjadi daya tarik di madrasah ini diantaranya program keterampilan tata boga, tata busana, teknik pengelasan, otomotif, teknik komputer dan jaringan serta program riset yang hadir pada tahun 2020.