Manajemen Administrasi Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di SD IT Nurul Hadi Loa Buah
Abstract
ABSTRAK
Siti Nur Farida, 2023. “Manajemen Administrasi Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di SD IT Nurul Hadi Loa Buah”. Skripsi Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINSI Samarinda. Penulis skripsi ini dibawah bimbingan Bapak Drs. Khairul Saleh, M. Ag selaku pembimbing I dan Ibu Hajriana, M. Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini yaitu di SD IT Nurul Hadi Loa Buah adanya prestasi peserta didik yang baik, merupakan harapan setiap satuan pendidikan, namun kekhawatiran dalam prestasi peserta didik selalu ada, baik itu datang dari internal maupun eksternal satuan pendidikan itu sendiri. Kekhawatiran terhadap prestasi peserta didik dilihat dari segi Manajemen Administrasinya yang masih perlu untuk ditingkatkan demi meningkatkan prestasi peserta didik. Melihat hal tersebut tentu manajemen adminsitrasi sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik sangatlah penting, atas dasar itulah penelitian ini dilakukan. Hal ini cukup menarik sesuai yang disampaikan oleh kepala sekolah Ginato, S. Pd bahwa Manajemen Administrasi terus ditingkatkan dan bekerja sama dengan semua pihak demi mencapai prestasi peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen administrasi sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SD IT Nurul Hadi Loa Buah.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data dan subjek pada penelitian ini adalah para pengelola lembaga pendidikan SD IT Nurul Hadi Loa Buah yaitu kepala sekolah, staf tata usaha dan guru dengan mengumpulan informasi menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Manajemen Administrasi di SD IT Nurul Hadi Loa Buah dimulai dari perencanaan yaitu merencanakan atau membuat program dan bekerjasama dengan seluruh warga sekolah untuk mewujudkan program. Pengorganisasian menentukan setiap personel dengan melihat kemampuan, basik atau latar belakang pendidikan untuk bidang struktur organisasi. Pelaksanaan program dengan melakukan rapat sebagai langkah awal dalam melaksanakan program dan memberikan bimbingan dan pelatihan. Pengawasan dilakukan dengan melihat langsung kegiatan yang ada pada lingkungan sekolah dan melakukan evaluasi terhadap program yang sudah berjalan dengan melihat hasil akhir.