Strategi Pemasaran Pendidikan Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sempaja Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Taufiqur Rahman, 2023. “Strategi Pemasaran Pendidikan Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sempaja Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, penelitian ini dibimbing oleh Dr. Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd selaku Pembimbing I dan Saipul Hadi, M.Pd.I selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi karena Madrasah Ibtidaiyah Darussalam dalam mempromosikan lembaga yaitu dengan cara melakukan pembentukan tim Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilakukan sebagai upaya melayani berbagai kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan, Kepala Sekolah memimpin rapat pembentukan panitia, menentukan persyaratan dan ketentuan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), merancang anggaran kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru dan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah, membuat brosur dan spanduk serta mempublikasikan di media sosial. Adapun media sosial yang digunakan antara lain instagram, whatsapp, youtube dan facebook. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Darussalam dalam meningkatkan minat masyarakat.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), menarik kesimpulan (verification/conclusion). Lokasi penelitian di madrasah ibtidaiyah Darussalam sempaja samarinda. dengan narasumber yaitu, kepala sekolah, guru dan orang tua.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial dalam meningkatkan minat masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam telah dilakukan mulai dari : a). Konten yang menarik dan informatif, membuat konten-konten yang menarik berupa prestasi-prestasi siswa seperti ekstrakukiler yaitu silat, taekwondo, habsy, tilawah, menari, pramuka, hafalan Al-Qur’an, mewarnai kaligrafi, dll. b). Media sosial dalam memperluas jangkauan informasi, memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang perkembangan Madrasah Ibtidaiyah Darussalam melalui media sosial Whatsapp, Facebook, Instagram, dan Youtube. c). Memperkuat hubungan dengan masyarakat, dengan diadakannya seperti maulid, gotong royong, pertemuan orang tua, dll. d). Membangun komunikasi dengan orang tua siswa, lebih mudah mendapatkan informasi dan memberikan informasi dengan menggunakan media sosial kepada orang tua siswa dan juga bisa memberikan saran serta masukan.