Show simple item record

dc.contributor.authorMufida, Mufida
dc.date.accessioned2023-12-18T03:43:20Z
dc.date.available2023-12-18T03:43:20Z
dc.date.issued2023-10-23
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3797
dc.description.abstractABSTRAK Mufida, 2023. “Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Suktan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto, M.Pd dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd. Salah satu upaya yang dapat menumbuhkan minat baca siswa adalah dengan adanya peran guru di sekolah. Guru sangat berperan dalam menumbuhkan, memelihara dan meningkatkan minat baca siswa dengan baik serta menghasilkan siswa yang memiliki minat tinggi dalam membaca. Dalam menumbuhkan minat baca siswa dengan baik dibutuhkan strategi dalam pelaksanaannya berupa peran guru dan faktor yang mendukung. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas II dan mengetahui apa saja faktor pendukung serta penghambat guru dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif. Dengan mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga teknik yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda meliputi peran guru sebagai guru kreator, fasilitator dan sebagai motivator. Sedangkan faktor pendukung dalam menumbuhkan minat baca siswa kelas II di Madrasah Ibtidayah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda diantaranya peran aktif warga sekolah, alokasi waktu untuk membaca, dan lingkungan yang kondusif serta factor penghambat berupa adanya siswa yang sulit diatur, siswa lebih suka bermain dari pada membaca dan lingkungan keluarga.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPeran Guru, Minat Baca Siswaen_US
dc.titlePeran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record