Show simple item record

dc.contributor.authorSyahrani, Juria Mustika
dc.date.accessioned2023-12-20T01:51:28Z
dc.date.available2023-12-20T01:51:28Z
dc.date.issued2023-10-23
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3807
dc.description.abstractABSTRAK Juria Mustika Syahrani, 2023. “Efektifitas Penggunaan Media Tiga Dimensi Pada Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Mujahidin Samarinda”. Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Marniati Kadir, M.Pd. selaku dosen pembimbing I dan Ibu Nurhikmah, M.Si. selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era pendidikan yang kian maju saat ini baik itu sarana dan prasarana atau cara mengajar telah mengikuti perkembangan, akan tetapi pendidik seringkali menggunakan metode pembelajaran yang bersifat monoton. Salah satunya yaitu dengan ceramah adapun media yang digunakan hanya ilustrasi dari buku. Pendidik mengalami kesulitan untuk mengajarkan materi ekosistem karena tidak semua materi tentang ekosistem dapat disajikan secara langsung seperti laut,sabana, salju dan lain-lain. Hal ini menjadikan siswa terkadang jenuh terhadap pembelajaran maka hal ini pendidik harus melihat kondisi dan sadar bahwa pendidikan dengan cara yang biasanya digunakan memiliki kekurangan jika di gunakan terus menerus. Oleh karna itu penelitian ini bertujuan untuk bereksperimen dalam penggunaan media pembelajaran tiga dimensi efektif pada hasil belajar IPA di MI Al-Mujahidin Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis quasi eksperimen dengan desain model nonequivalent control group design. Lokasi penelitian di MI Al-Mujahidin Samarinda Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Al-Mujahidin Samarinda terdiri 46 siswa, dan sampel yang digunakan adalah kelas V A terdiri 23 siswa dan V B terdiri 23 siswa. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan taraf kesukaran soal. Teknik analisis data dalam peneltian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Hasil yang diperoleh berdasarkaan penggunaan media tiga dimensi pada hasil belajar IPA materi ekosistem adalah dengan melihat hasil rata-rata pretest dan posttest dengan perolehan nilai pada kelas eksperimen yang menggunakan media yaitu kelas V A, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 36,96 dan nilai rata-rata posttest yaitu 84,56 hasil belajar kelas kontrol V B yang dijadikan kelas kontrol dengan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata sebesar pretest yaitu 40,43 dan nilai ratarata posttest yaitu 71,95. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa penggunan media tiga dimensi efektif pada hasil belajar IPA di MI Al-Mujahidin Samarinda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Tiga Dimensi, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)en_US
dc.titleEfektifitas Penggunaan Media Tiga Dimensi Pada Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Mujahidin Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record