Show simple item record

dc.contributor.authorWicaksono, Ardika Wahyu
dc.date.accessioned2023-12-22T02:56:40Z
dc.date.available2023-12-22T02:56:40Z
dc.date.issued2023-09-04
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3826
dc.description.abstractABSTRAK Ardika Wahyu Wicaksono, 2023, Strategi Pengembangan Usaha Kain Tenun Di Kampung Tenun Samarinda Seberang Menurut Perspektif Ekonomi Syariah, Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Sugiyono, M.Kom. selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Hasbi M.E. selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini karena terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pengusaha kain tenun di Kampung Tenun Samarinda Seberang dalam mengembangkan usahanya seperti produktivitas yang relatif rendah karena pembuatan kain tenun ini membutuhkan waktu 2-3 hari, serta harga benang yang selalu naik setiap tahunya. Dalam hal tersebut maka strategi pengembangan usaha sangat diperlukan oleh pengusaha kain tenun agar usaha yang dijalankannya lebih berkembang ke depannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh pengusaha kain tenun berdasarkan perspektif ekonomi syariah dan untuk melihat efektivitas dari strategi pengembangan usaha yang telah dilakukannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu pengusaha kain tenun di kampung tenun Samarinda Seberang. Adapun uji keabsahan data menggunakan Triangulasi teknik, menggunakan bahan referensi dan member checking. Sedangkan teknik analisis data menggunakan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi pengembangan produk dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas produk, menyesuaikan ukuran, motif yang mengikuti selera pasar, membuat produk lebih menarik, membedakan kategori produk berdasarkan jenisnya, dan meningkatkan nilai guna produk. Sedangkan strategi pengembangan pasar berupa menentukan sistem pemasaran produk, mengikuti pameran, memperluas pasar hingga ke luar kota, dan melakukan kerjasama dalam memasarkan produk. Strategi yang dilakukan oleh pengusaha kain tenun telah sesuai dengan ajaran Islam, artinya pengusaha kain tenun memperhatikan niai-niai Islam dalam mengembangkan usahanya seperti niat yang baik dalam menjalankan usaha, jujur, amanah, ramah, adil dan menjaga aturan syariah. Efektivitas strategi pengembangan usaha kain tenun telah efektif berdasarkan analisis yang telah dilakukan oleh peneliti dengan berdasarkan pendekatan sumber dan berdasarkan analisis pendekatan sasaran. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh pengusaha kain tenun sudah efektif. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Usaha, Ekonomi Islamen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Pengembangan Usaha, Ekonomi Islamen_US
dc.titleStrategi Pengembangan Usaha Kain Tenun Di Kampung Tenun Samarinda Seberang Menurut Perspektif Ekonomi Syariahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record