Show simple item record

dc.contributor.authorJuniar, Moudy
dc.date.accessioned2023-12-27T03:53:17Z
dc.date.available2023-12-27T03:53:17Z
dc.date.issued2023-10-03
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3829
dc.description.abstractABSTRAK Moudy Juniar, 2023. “Pengaruh Viral Marketing, Kepercayaan Konsumen, dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berbelanja Melalui Aplikasi TikTok (Studi Pada Mahasiswa Muslim di Kalimantan Timur).” Skripsi, Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M.Hum dan Nurul Fadhilah, S.S.T., M.E. TikTok telah banyak digunakan tidak hanya untuk video menghibur tetapi juga digunakan untuk pemasaran dan bisnis online. Keputusan berbelanja ditentukan oleh isi konten yang menarik perhatian konsumen, sehingga keinginan berbelanja muncul ketika konsumen diberikan cukup data atau informasi yang baik tentang produk yang diinginkan. Faktor yang mempengaruh keputusan berbelanja adalah viral marketing, kepercayaan konsumen, dan electronic word of mouth. Mahasiswa muslim cenderung aktif menggunakan media sosial seperti TikTok dalam kegiatan berbelanja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh viral marketing, kepercayaan konsumen, dan electronic word of mouth terhadap keputusan berbelanja melalui aplikasi TikTok pada mahasiswa muslim di Kalimantan Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa muslim di Kalimantan Timur. Jumlah sampel yang diambil penelitian menggunakan rumus Cochran sebanyak 100 mahasiswa muslim di Kalimantan Timur dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dengan skala pengukuran yaitu skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Viral marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja melalui aplikasi TikTok pada mahasiswa muslim di Kalimatan Timur. (2) Kepercayaan konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja melalui aplikasi TikTok pada mahasiswa muslim di Kalimantan Timur. (3) Electronic word of mouth secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja melalui aplikasi TikTok pada mahasiswa muslim di Kalimantan Timur. Sedangkan secara simultan viral marketing, kepercayaan konsumen, dan electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja melalui aplikasi TikTok pada mahasiswa muslim di Kalimantan Timur. Kata Kunci: Viral Marketing, Kepercayaan Konsumen, Electronic Word Of Mouth, dan Keputusan Berbelanjaen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectViral Marketing, Kepercayaan Konsumen, Electronic Word Of Mouth, dan Keputusan Berbelanjaen_US
dc.titlePengaruh Viral Marketing, Kepercayaan Konsumen, dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berbelanja Melalui Aplikasi TikTok (Studi Pada Mahasiswa Muslim di Kalimantan Timur).en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record