Show simple item record

dc.contributor.authorMufidha, Inayatul
dc.date.accessioned2023-12-27T06:44:55Z
dc.date.available2023-12-27T06:44:55Z
dc.date.issued2023-10-16
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3832
dc.description.abstractABSTRAK Inayatul Mufidha, 2023. “Pengaruh Sosial, Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, dan Harga Terhadap Perilaku Konsumsi Pada Marketplace Perspektif Ekonomi Islam” (Studi Mahasiswa S1 UINSI Samarinda). Skripsi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian Ini dibimbing oleh bapak Dr. H. Moh. Mahrus. S.Ag.,M.HI dan bapak Nur Rahmatullah, M.S.A. Perkembangan teknologi dan internet membuat kegiatan dalam bidang ekonomi menggunakan media elektronik untuk bertransaksi jual beli, pembelian online melalui marketplace menjadi trend dan pembayaran yang di tawarkan sangat beragam. Penelitian ini memilih studi kasus Mahasiswa S1 UINSI Samarinda yang sebagai perwakilan masyarakat muslim di Samarinda. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis Pengaruh Sosial, Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, dan Harga secara simultan Terhadap Perilaku Konsumsi Pada Marketplace Perspektif Ekonomi Islam di kalangan mahasiswa UINSI Samarinda. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuntitatif, populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 UINSI Samarinda yang berjumlah 6.685 dengan Sampel penelitian sebanyak 100 orang mahasiswa S1 UINSI Samarinda, yang menggunakan rumus slovin dengan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dengan karakteristik yang menggunakan marketplace, Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan program SPSS Versi 22. Berdasarkan hasil perhitungan, pada variabel Sosial secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi dengan nilai thitung 0,936 < 1,660. Selanjutnya variabel Kepercayaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi dengan nilai thitung 1,046 < 1,660. Berikutnya variabel Gaya Hidup secara parsial tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi dengan nilai thitung 0,564 < 1,660. Setelah itu pada variabel Kemudahan secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumsi dengan nilai thitung 3,422 > 1,660. Kemudian pada variabel Harga secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumsi dengan nilai thitung 2,289 > 1,660. Sedangkan pada hasil uji simultan variabel Sosial, Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, dan Harga berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumsi dengan nilai Fhitung 8,523 > Ftabel 2,469. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan bahwa kelima variable independen berpengaruh sebesar 27,5% terhadap variabel dependen. Kata Kunci: Sosial, Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, Harga, Perilaku Konsumsi, Marketplaceen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectSosial, Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, Harga, Perilaku Konsumsi, Marketplaceen_US
dc.titlePengaruh Sosial, Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, dan Harga Terhadap Perilaku Konsumsi Pada Marketplace Perspektif Ekonomi Islam” (Studi Mahasiswa S1 UINSI Samarinda).en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record