Show simple item record

dc.contributor.authorRifa’i, Akhmad
dc.date.accessioned2023-12-27T07:11:13Z
dc.date.available2023-12-27T07:11:13Z
dc.date.issued2023-09-26
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3833
dc.description.abstractABSTRAK Akhmad Rifa’i, ”Strategi Penjualan Pada Usaha Sarang Burung Walet Dalam Peningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Jantur Selatan Kecamatan Muara Muntai di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Irma Yuliani S.E, M.Si selaku dosen pembimbing 1 dan Bapak Muhammad Hasbi S.HI, ME selaku dosen pembimbing 2 . Sarang burung Walet merupakan produk terkenal didunia. Untuk mendapatkan sarang Walet bernilai jual tinggi, maka perlu diketahui jenis Walet yang dapat menghasilkan sarang yang berkualitas baik. Desa Jantur Selatan Merupakan desa yang mayoritasnya sebagai pengusaha sarang burung Walet yang dimana dari hasil produk sarang burung ini merubah pendapatan masyarakat di Desa Jantur Selatan. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana strategi penjualan dalam peningkatan pendapatan yang di tinjau dari Ekonomi Islam pada usaha burung Walet masyarakat Desa Jantur Selatan Kecamatan Muara Muntai. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui strategi penjualan pada peningkatan pendapatan masyarakat Desa Jantur Selatan Kecamatan Muara Muntai di timjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dan menggunakan metode Deskriptif, yaitu suatu fenomena studi yang bertujuan untuk mendiskripsikan suatu pokok bahasan dalam suatu fakta secara tertulis dan lisan. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder, data primer dihasilkan secara langsung yang melalui cara wawancara dengan 7 pengusaha burung Walet di Desa Jantur Selatan, data sekunder yaitu data yang diperoleh dengan berupa literatur yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya di analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha sarang burung Walet di Desa Jantur Selatan menggunakan strategi penjualan direct selling/penjualan langsung kepada konsumen, dengan pertimbangan bauran pemasaran sebagai strategi para pengusaha. Pada peningkatan usaha mayoritas masyarakat mengalami perubahan khususnya bagi masyarakat yang sebelumnya hanya berprofesi sebagai nelayan. Selanjutnya strategi penjualan yang dilakukan para pengusaha sudah mengaplikasikan beberapa prinsip ekonomi Islam seperti jujur pada produk dan kualitas harga pada sarang Walet yang dijual dan beberapa prinsip lainnya pada penjualan. Kata kunci :Strategi Penjualan, Peningkatan pendapatan, perspektif Ekonomi Islamen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Penjualan, Peningkatan pendapatan, perspektif Ekonomi Islamen_US
dc.titleStrategi Penjualan Pada Usaha Sarang Burung Walet Dalam Peningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Jantur Selatan Kecamatan Muara Muntai di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islamen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record