Show simple item record

dc.contributor.authorAmalia, Sahqila Nur
dc.date.accessioned2024-01-08T02:41:46Z
dc.date.available2024-01-08T02:41:46Z
dc.date.issued2023-11-22
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3855
dc.description.abstractABSTRAK Sahqila Nur Amalia, 2023. “Strategi Pemasaran SMP Islamic Center Samarinda Dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti ini bimbing oleh Bapak Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap strategi pemasaran SMP Islamic Center dalam menarik minat peserta didik baru. Dimana sekolah ini baru berdiri pada tahun 2019, yang dinaugin oleh yayasan Baitul Muttaqien. Peserta didik SMP Islamic Center pada tahun 2019-2020 berjumlah 44 orang, dan pada tahun 2023-2024 berjumlah 133 orang. Sehingga sekolah ini menjadi sekolah favorite dengan program yang diberikan oleh pihak sekolah seperti, program Tahfidz Qur’an, program Tahsin, Studi Wisata dan Literasi serta pembinaan karakter. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran SMP Islamic Center Samarinda, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pemasaran SMP Islamic Center Samarinda Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menjadi sasaran penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru dan siswa-siswi, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Dalam hal ini peneliti membahas serta mengkaji mengenai strategi pemasaran dalam menarik minat peserta didik baru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan di SMP Islamic Center Samarinda, yaitu dengan menerapkan unsur 8P: 1)Product, Menawarkan produk berupa prestasi akademik maupun non akademik yang pernah diraih siswa. 2) Price, Harga yang ditetapkan dikelolah oleh pihak yayasan. 3) Place, Terletak di tempat yang strategis, karena sangat mudah dijangkau oleh masyarakat. 4) Promotion, Promosi yang dilakukan SMP Islamic Center Samarinda melalui Media cetak (brosur), Media Sosial (facebook, instagram, tiktok,whatsapp dan youtube). 5) People, SDM yang dimilki SMP Islamic Center Samarinda cukup baik karena dilihat dari status pendidikan sudah memenuhi kualifikasi yaitu Sarjana (S1). 6) Physical Evidence, sarana dan prasarana SMP Islamic Center Samarinda sudah memadai dan sangat menunjang proses pembelajaran. 7) Process, Sudah terlaksana sesuai dengan urutan, dimulai dari perencanaan hingga pengevaluasian akhir dari kegiatan pemasaran. 8) Pray, Menerapakan nilai-nilai spritual. Adapun faktor pendukung dalam kegiatan pemasaran ialah SDM yang berkualitas, nilai-nilai keagamaan, sarana prasarana yang memadai serta prestasi akademik maupun non akademik dan program unggulan. Namun demikian yang menjadi faktor penghambat dalam kegiatan pemasaran bangunan sekolah yang masih menyatu dengan yayasan masjid Islamic Center dan tidak mempunyai plang sekolah, tidak seperti TK dan SD yang sudah memiliki bangunan terpisah dari yayasan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Pemasaran, Minat Peserta Didik Baruen_US
dc.titleStrategi Pemasaran SMP Islamic Center Samarinda Dalam Menarik Minat Peserta Didik Baruen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record