Pengaruh Religiusitas, Modal Sosial danMotivasi Berwirausaha terhadap Kesuksesan UMKM Sektor MakanandanMinuman di Kota Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Auliya Rahma Safitri, 2023. “Pengaruh Religiusitas, Modal Sosial dan Motivasi Berwirausaha terhadap Kesuksesan UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kota Samarinda”. Skripsi, Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Darmawati selaku pembimbing I, M.Hum dan Ibu Nurul Fadhilah, S.S.T., M.E selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini berasal dari banyaknya usaha mikro, kecil, dan menengah khususnya pada bidang kuliner yang ada di kota Samarinda yang mengalami peningkatan jumlahnya dari tahun 2020-2021. UMKM pada sector makanan dan minuman ini juga masih banyak yang bertahan dari krisis Covid-19 yang terjadi pada tahun 2019. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan UMKM tersebut sehingga para pelaku usaha dapat bertahan dan terus mengembangkan usahanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh religiusitas, modal sosial dan motivasi berwirausaha terhadap kesuksesan UMKM sektor makanan dan minuman di kota Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deduktif. Penelitian ini menggunakan teknik sampel yaitu purposive sampling, dengan rumus perhitungan sampel Yamane sehingga didapatkan 100 pelaku UMKM di sektor makanan dan minuman dengan kriteria beragama Islam, berdomisili di kota Samarinda, melakukan kegiatan usaha pada rumah makan, kafe dan restoran, usahanya sudah berdiri selama 3 tahun atau lebih, mengalami peningkatan jumlah karyawan dan pendapatan pertahunnya. Kemudian, datatersebut di uji dengan teknik analisis data yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F) dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian, uji t menunjukkan bahwa variabel religiusitas memiliki nilai t-hitung kurang dari nilai t-tabel yaitu sebesar 0,839 < 1,984, yang artinya religiusitas tidak berpengaruh terhadap kesuksesan UMKM sector makanan dan minuman di Kota Samarinda. Variabel modal sosial memiliki nilai t- hitung lebih besar dari nilai t-tabel yaitu sebesar 3,862 > 1,984 yang artinya modal sosial berpengaruh terhadap kesuksesan UMKM sektor makanan dan minuman di Kota Samarinda. Variabel motivasi berwirausaha memiliki nilai t-hitung kurang dari nilai t-tabel yaitu sebesar 1,203 < 1,984 yang artinya motivasi berwirausahatidak berpengaruh terhadap kesuksesan UMKM sektor makanan dan minuman di Kota Samarinda. Kemudian, berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F-hitungsebesar 8,060 yang lebih besar dari nilai F-tabel yaitu 2,70 sehingga dapat disimpulkan bahwa religiusitas, modal sosial dan motivasi berwirausaha secara simultan berpengaruh terhadap kesuksesan UMKM sektor makanan dan minuman di Kota Samarinda.
Kata Kunci: Religiusitas, Modal Sosial, Motivasi Berwirausaha, Kesuksesan UMKM