Efektivitas Strategi Team Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V MIN 2 Kutai Kartanegara
Abstract
ABSTRAK
Wafiq Azizah, 2023. “Efektivitas Strategi Team Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V MIN 2 Kutai Kartanegara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Lina Revilla Malik, M. Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Wildan Saugi, M. Pd selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya sikap intoleransi siswa dalam belajar terkhusus pada mata pelajaran IPS, berdasarkan observasi yang dilakukan disekolah MIN 2 Kutai Kartanegara pada dasarnya pendidikan karakter menjadi hal yang penting dalam proses pembelajaran. Namun peneliti menemukan permasalahan yaitu adanya kasus intoleransi antara siswa seperti masih ada sikap berkubu atau saling berkelompok, serta kurangnya sikap saling menghargai. Artinya sikap toleransi masih kurang dipahami oleh beberapa siswa, penanaman sikap inilah yang harus ditanamkan kepada siswa khsusnya dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas team games tornament (TGT) dapat meningkatkan sikap toleransi siswa dan seberapa besar efektivitas strategi Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan sikap toleransi siswa pada mata pelajaran IPS kelas V MIN 2 Kutai Kartanegara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan menggunakan desain control group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu control group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di MIN 2 Kutai Kartanegara, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MIN 2 Kutai Kartanegara sebanyak 76 peserta didik. Sampel yang dipakai menggunakan total sampling. Peserta didik kelas V A terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas V B terpilih sebagai kelas kontrol penelitian. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menghitung uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji Wilcoxon, uji N-Gain dan uji efektivitas.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas dan keberhasilan sikap toleransi siswa yang belajar menggunakan strategi Teams Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS Kelas V MIN 2 Kutai Kartanegara. Hasil nilai uji hipotesis dengan nilai signifikansi two-tailed test sebesar 0,00 < 0,05 sehingga menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil uji efektivitas menggunakan nilai persen N-Gain menghasilkan nilai sebesar 69,18% pada kelas eksperimen artinya memiliki interpretasi data bahwa penggunaan strategi Team Games Tournament (TGT) efektif digunakan
dalam meningkatkan sikap toleransi siswa pada mata pelajaran IPS kelas V MIN 2 Kutai Kartanegara.
Kata Kunci: Strategi Team Games Tournament, Sikap Toleransi