Show simple item record

dc.contributor.authorAgustiani, Shelly
dc.date.accessioned2024-01-11T03:34:46Z
dc.date.available2024-01-11T03:34:46Z
dc.date.issued2023-09-14
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3867
dc.description.abstractABSTRAK Shelly Agustiani, 2023, “Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Mujahidin samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag sebagai pembimbing I dan Wildan Saugi, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di kelas IV. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Al Mujahdin Samarinda serta seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian Ex-Post Facto, dimana dalam penelitiannya yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam bentuk kuesioner/angket yang kemudian disebar luaskan kepada responden. Tempat penelitian yaitu MI Al Mujahidin Samarinda. Dengan jumlah sampel 47. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian angket dengan dibantu dokumentasi. Uji validitas dilakukan di sekolah lain yaitu di MI DDI Tani Aman Loa Janan. Hasil keabsahan data yang diperoleh berdasarkan uji validitas yaitu sebanyak 18 butir pernyataan angket untuk variabel pergaulan teman sebaya dan 18 butir pernyataan angket untuk variabel motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji reliabilitas variabel pergaulan teman sebaya dikatakan reliabel karena Cronbach’s Alpha > 0,6 atau 0,868 > 0,6 dan variabel motivasi belajar dikatakanreliabel karena Cronbach’s Alpha > 0,6 atau 0,878 > 0,6. Berdasarkan uji T diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 6,460 dengan nilai signifikansi 0,000. Pada pengambilan keputusan digunakan taraf signifikansi 0,05 dan nilai ttabel 0,288 maka 6,460 > 0,288 atau 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswaa kelas IV di MI Al Mujahidin Samarinda, Kemudian berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,481 maka bisa disimpulkan bahwa besaran pengaruh variabel pergaulan teman sebaya terhadap variabel motivasi belajar sebesar 48,1%.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Siswaen_US
dc.titlePengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Mujahidin samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record