Strategi Pemasaran Syariah Usaha Mikro Amplang Sinar Terang Dalam Meningkatkan Pendapatan
Abstract
ABSTRAK
Denisa Syafitri, 2023. “Strategi Pemasaran Syariah Usaha Mikro Amplang Sinar Terang Dalam Meningkatkan Pendapatan”. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Skripsi ini ditulis di bawah bimbingan Dr. Hj. Darmawati, M.Hum sebagai pembimbing I dan Tika Parlina, M.M sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana banyaknya persaingan usaha antar usaha di bidang kuliner, menuntut pemilik usaha Amplang Sinar Terang menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usaha dapat bertahan lama dan berhasil menarik banyak konsumen. Jika strategi pemasarannya tidak tepat maka akan berimbas kurang maksimalnya keuntungan yang diperoleh, selain itu dapat mengalami kerugian. Tetapi jika strategi yang diterapkan tepat, maka keuntungan mengalami peningkatan yang maksimal. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran syariah melalui bauran pemasaran 7P pada usaha Amplang Sinar Terang dalam meningkatkan pendapatan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi ke pemilik usaha, karyawan dan konsumen untuk memperoleh sumber data dan informasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu metode triangulasi yaitu sebagai metode yang menyatukan dari pengumpulan data dan sumber data yang ada.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Usaha Mikro Amplang Sinar Terang telah menerapkan beberapa strategi pemasaran dengan menggunakan bauran pemasaran 7P (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik) dalam perspektif syariah, strategi pemasaran yang digunakan juga telah sesuai dengan karakteristik strategi pemasaran syariah yaitu teitis, etis, realistis dan humanistis sehingga Usaha Mikro Aamplang Sinar Terang berhasil dalam meningkatkan pendapatannya. Kemudian untuk faktor pendukung usaha Amplang yaitu sangat menjaga kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Sedangkan faktor yang menjadi kekurangan yaitu lokasi yang kurang strategis serta kurang maksimal dalam memanfaatkan media sosial.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran Syariah, Pendapatan