Strategi Sekolah dalam Mewujudkan Program Adiwiyata di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Fauzi, 2023. Strategi Sekolah dalam Mewujudkan Program Adiwiyata di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Samarinda. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Muhammad Kusasi, M.Pd., selaku dosen pembimbing I, dan Ibu Nurwati, M.Pd., selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi upaya dalam memenuhi komponen Adiwiyata, yakni kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis partisipatif dan pengelola sarana pedukung ramah lingkungan, disamping itu sekolah dengan lingkup yang kecil dan rentan sekali terjadi banjir sehingga pelaksanaan program tersebut belum bisa memberikan dampak terhadap kualitas lingkungan sekolah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan berkaitan dengan strategi sekolah dalam mewujudkan adiwiyata yang dilakukan kepala sekolah, upaya mencapai sebuah target yang telah ditentukan melalui beberapa strategi. Penelitian ini dimaksudkan menjawab pertanyaan (1) mendeskripsikan bagaimana strategi sekolah dalam mewujudkan adiwiyata (2) mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mewujudkan adiwiyata.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian lapangan berjenis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang informannya ialah Kepala Sekolah, Ketua Tim Adiwiyata, Guru, dan peserta didik serta menggunakan teknik keabsahan data berupa triangulasi sumber data dan teknik serta teknik analisis data berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menghasilkan temuan (1) Pelaksanaan program Adiwiyata melalui 4 komponen program adiwiyata di MI Al-Mujahidin sudah berjalan dengan baik, dengan melibatkan seluruh stakeholder. a) kebijakan berwawasan lingkungan, diantaranya yaitu dalam visi, misi, dan tujuan madrasah mencantumkan tentang lingkungan. b) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, yaitu menggunakan kurikulum 2013, dengan lebih dipertajam yang membahas tentang lingkungan sekolah adiwiyata. c) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, diantaranya yaitu memiliki jadwal piket kebersihan dan adanya program sabtubersih, green gouse, dan pembibitan tanaman adanya kreativitas dan inovasi warga sekolah seperti daur ulang sampah untuk dijadikan karya seni. d) pengelolaan sarana prasarana ramah lingkungan, diantaranya yaitu tersedianya air bersih penyediaan tempat sampah terpisah yaitu organik dan anorganik drainase dan ruang terbuka hijau menyediakan sarana prasarana untuk mendukung pembelajaran LH disekolah. (2) faktor pendukung dalam mewujudkan adiwiyata ini ialah dukungan dari koordinator, dukungan dari seluruh warga sekolah serta dukungan dari stakeholder dan faktor penghambatnya yaitu pendanaan yang minim, sekolah sering terkena banjir serta masih banyak diluar sekolah yang menjual makanan yang menghasilkan plastik