dc.description.abstract | ABSTRAK
Rahmadina, 2023 “Strategi Bauran Pemasaran Marketing Mix 7P Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 003 Samarinda. Skripsi, Jurusan Manajeman Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini di bimbing oleh Dr. Lina Revilla Malik, M. Si selaku pembimbing I dan Dr. Kautsar Eka Wardhana, M. Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini dimulai dengan mengingat betapa ketatnya persaingan di dalam dunia pendidikan mulai dari adanya sistem zona lingkungan, prestasi akademik dan lain sebagainya. Maka dengan adanya perencanaan yang efektif dan efisien didalam strategi pemasaran pendidikan dan perlu diketahui bahwa hal tersebut bertujuan untuk menarik minat konsumen terhadap madrasah. Sebagai pendidikan alternatif masa kini ialah madrasah, dikarenkan para masyarakat mengandalkan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan bukan hanya sekedar pengetahuan umum saja namun pengetahuan mengenai nilai-nilai keagamaan juga termasuk didalamnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan strategi bauran pemasaran marketing mix 7P di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 003 Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain ialah kepala madrasah, ketua panitia PPDB, dan guru bidang studi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menemukan bahan Strategi Bauran Pemasaran Marketing Mix Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 003 Samarinda ialah melalui strategi bauran pemasaran marketing mix yaitu 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical avidence). Maka dari pada itu, Product (produk) berupa program- program yang ditawarkan yaitu diantaranya pramuka, kelas akselerasi (unggulan) tahfidz alqur’an, dan pencak silat pagar nusa (NU). Price (harga) yang ditentukan oleh madrasah dan seluruh stakeholder masih bisa dikatakan tidak terlalu mahal dan masih bisa dijangkau oleh kalangan masyarakat, maka dari itu para orang tua murid harus bersedia membayar nominal sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Place (tempat) lokasi madrasah itu sendiri berada dikawasan yang cukup ramai dan padat penduduk. Promotion (promosi) dilakukan dengan 2 media baik secara langsung (melalui informasi mulut ke mulut) atau secara tidak langsung yaitu melalui platform sosial media facebook, instargam dan channel youtube. People (orang/ SDM) madrasah memiliki kualifikasi sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Process (proses) madrasah telah memperoleh akreditasi A dan telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, dan banyak meraih berbagai prestasi dibidang akademik dan non-akademik. Physical Avidence (bukti fisik) yang mencakup seluruh alat bantu untuk menunjang proses terlaksananya pendidikan, dengan adanya gedung pembelajaran serta segala fasilitas yang telah tersedia. | en_US |