dc.description.abstract | ABSTRAK
Chrisna Arta Mardani 2023. “Implementasi Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Al Muna Samarinda”. Skripsi, Jurusan Madrasah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, di bawah bimbingan bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing 1 dan Ibu Zakiyah Ulfah, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan di MI Al-Muna Samarinda bahwa wali kelas IV A dan wali kelas IV B menyatakan dalam proses pembelajaran tematik terdapat kesulitan guru dalam menyampaikan materi menggunakan metode yang umum digunakan di sekolah yang dinilai tidak tepat, contohnya metode ceramah, yang sifatnya subjektif dan cendrung satu arah. sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru dan menyebabkan tidak terpenuhinya KKM (Kiteria Ketuntasan Minimal) Sebesar 75% pembelajaran tematik dari 55 siswa. Tujuan dari penelitian ini, yaitu : untuk mengetahui implementasi metode mind mapping dan untuk mengetahui Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi metode mind mapping pada pembelajaran tematik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Muna Samarinda kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara kepada guru, siswa dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari tiga teknik tersebut diperiksa keabsahannya dengan menggunakan tringulasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder, teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian Implementasi Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Al Muna Samarinda yaitu, guru membuat RPP, menetapkan peralatan, media pembelajaran dan bahan ajar, memilih materi yang sesuai dengan metode yang digunakan, menyiapkan lembar kerja siswa, menjelaskan prosedur pelaksanaan, membimbing siswa saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Siswa menyiapkan peralatan dan membuat mind mapping dalam bentuk gambar dengan cara membagi tugas, memberi keterangan pada setiap gambar yang dibuat. menyajikan hasil kerja kepada teman di depan kelas, guru dan teman memberi apresiasi dengan tepuk tangan setelah setiap kelompok menyajikan hasil kerja, mengadakan evaluasi dan tindak lanjut.Tindak lanjut dilakukan mendiskusikan dengan siswa mengenai hambatan yang ditemui dalam pembelajaran dengan demikian guru mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada implementasi metode mind mapping pada pembelajaran tematik. | en_US |