Efektivitas Penggunaan Media Kantong Bilangan Pada Hasil Belajar Matematika Di Kelas 1 MI Al-Muna Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Dewi Adha Handayani, 2023. “Efektivitas Penggunaan Media Kantong Bilangan Pada Hasil Belajar Matematika Di Kelas 1 MI Al-Muna Samarinda”, Skripsi Jurusan Pendidikan Madrasah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI) Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Siti Maulidah, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Pada observasi awal yang telah dilakukan 16 siswa dari 27 siswa di kelas 1 yang hasil belajarnya belum mencapai nilai KKM yaitu 70. 59,2% siswa yang belum memahami konsep penjumlahan dan pengurangan dengan bersusun pendek. Hal ini terjadi karena pemahaman peserta didik terhadap sistem nilai tempat belum maksimal. Maka dari itu peneliti tertarik menggunakan media kantong bilangan yang diharapkan dapat memahamkan kepada peserta didik konsep sistem nilai tempat pada pembelajaran matematika khususnya materi penjumlahan dan pengurangan bilangan secara bersusun pendek agar hasil belajarnya dapat lebih meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media kantong bilangan pada hasil belajar matematika pada siswa kelas 1.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Experimental atau eksperimen semu. Pada penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Populasi yang digunakan ialah peserta didik kelas I MI Al-Muna Samaridna yang terdiri dari 51 peserta didik. Jenis sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling jenuh yaitu kelas I A yang terdiri 27 peserta didik dan kelas I B yang terdiri 24 peserta didik. Kelas 1A sebagai kelas eksperimen dan kelas 1B sebagai kelas kontrol. Teknik pengujian uji coba instrumen menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasayarat dan uji hipotesis (uji t).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,004 < 0,05 atau uji T menunjukkan Thitung = 3,023 > Ttabel 1,677. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 62,29 dan nilai rata-rata post-test 83,92, sedangkan nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol 62,04 dan nilai rata-rata post-test 73,12. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kantong bilangan ini efektif pada hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1.