Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Mata Pelajaran IPS Di MI Ma’arif NU 01 Palaran Tahun Pembelajaran 2016/2017
Abstract
ABSTRAK
Amat Muslihk, 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Mata Pelajaran IPS Di MI Ma’arif NU 01 Palaran Tahun Pembelajaran 2016/2017”. Skripsi, dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI sebagai pembimbing I dan Juhairiah, M.Pd sebagai Pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS siswa MI Ma’arif NU 01 Palaran tahun pembelajaran 2016/2017 pada materi masalah-masalah sosial yang hanya mencapai 37% dari 32 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi masalah-masalah sosial dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV MI Ma’arif NU 01 Kecamatan Palaran, Kota Samarinda tahun pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung sebanyak 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret sampai mei tahun 2017 di MI Ma’arif NU 01 Palaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif NU 01 Palaran yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitiannya adalah peningkatan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran picture and picture. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi yang yang digunakan untuk melihat peningkatan aktivitas belajar siswa, dan tes yang digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS pada materi masalah-masalah sosial yang cukup signifikan yang ditunjukkan oleh data berikut: data awal nilai rata-rata sebesar 64,06 ketuntasan 37,50%, nilai rata-rata siklus I sebesar 77,5 ketuntasan 65,65% dan nilai rata-rata siklus II sebesar 81,87 ketuntasan 96,87%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif NU 01 Kecamatan Palaran dapat meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka peneliti merekomendasikan bahwa model pembelajaran picture and picture baik digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu peneliti berharap model pembelajaran picture and picture ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi sehingga mencapai hasil yang lebih baik lagi.