dc.description.abstract | ABSTRAK
Cahaya Purnama, 2023 “Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V Di MIN 2 Samarinda”, skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd sebagai pembimbing I dan Rabiatul Adawiyah, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada proses pembelajaran sering menggunakan model konvensional. Penggunaan model konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa cenderung sulit, karena model tersebut lebih berpusat pada guru, khususnya dalam proses pembelajaran IPA, guru belum melibatkan siswa secara langsung sehingga siswa belum terlatih dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada dan menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa kurang berkembang. Tujuan dari penelitian ini dilakukan guna mengetahui keefektifan model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V di MIN 2 samarinda.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan jenis quasi eksperimen design, Desain penelitian yang digunakan ialah pretest posttest nonequivalent control group design, lokasi penelitian berada di MIN 2 Samarinda, dengan jumlah populasi sebanyak 126 siswa, sampel yang digunakan ialah kelas V A yang terdiri dari 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V B yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada tiga yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengujian uji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis.
Hasil yang diperoleh berdasarkan tes hasil belajar kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA materi akibat perubahan lingkungan adalah dengan melihat hasil rata-rata pretest dan posttest dengan perolehan nilai pada kelas eksepirmen yaitu kelas V A, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 42,13 dan nilai rata-rata posttest yaitu 75,32. Dan hasil dari rata-rata N-Gain score yaitu 0,5744 dengan kategori sedang yang berarti bahwa kemampuan berpikir kritis siswa lebih meningkat dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media audio visual. Serta hasil uji t setelah diberi perlakuan diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,003 < nilai sig 0,05, maka model problem based learning berbantuan media audio visual efektif terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V di MIN 2 Samarinda. | en_US |