Manajemen Laboratorium Komputer Dalam Menunjang Keterampilan Siswa Di Smk Ti Labbaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Cici Yusvia Noviantika Sari, 2023. “Manajemen Laboratorium Komputer Dalam Menunjang Keterampilan Siswa Di Smk Ti Labbaika Samarinda”. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Dra. Hj. Ananiah, M. M.Pd dan ibu Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd.
Di era kemajuan teknologi, dunia pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan lahirnya teknologi yang semakin canggih diharapkan setiap siswa diharuskan untuk memiliki keterampilan di bidang komputer, sehingga pihak sekolah pun di tuntut untuk membentuk sebuah laboratorium komputer sebagai sarana pendukungnya. Manajemen laboratorium komputer sangat penting untuk menunjang keterampilan siswa di SMK TI Labbaika. Peningkatan kualitas pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh manajemen laboratorium komputer yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini juga di dukung dengan tersedianya ruangan laboratorium serta tersedia banyak komputer di SMK TI Labbaika, yang di dalamnya berfungsi agar membentuk siswa yang kompeten dalam bidang IT. Manajemen laboratorium yang baik dapat dilakukan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yakni pada seluruh bagian yang menggunakan fungsi Laboratorium di SMK TI Labbaika seperti Kepala sekolah, Kepala Laboratorium, dan peserta didik SMK TI Labbaika. Lokasi penelitian yang diambil yaitu di SMK TI Labbaika Samarinda. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Kepala sekolah, Kepala Laboratorium, dan peserta didik SMK TI Labbaika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data yang telah didapatkan saat melakukan penelitian. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Manajemen Labolatorium Komputer Dalam Menunjang Keterampilan Siswa Di SMK TI Labbaika Samarinda sudah berjalan dengan baik dan efektif Implementasi pengelolaan laboratorium komputer dalam mewujudkan skill komputer siswa dilakukan dengan efektif kepada siswa, tidak hanya mengikuti seminar, peserta didik juga melakukan pelatihankomputer sebulan sekali pada pertengahan bulan.
Kata Kunci : Manajemen, Laboratorium Komputer, Keterampilan