Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Tingkat Komitmen Guru Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sullamul Hidayah Antasari Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Sahmawati. “Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Tingkat Komitmen Guru Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sullamul Hidayah Antasari Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan (UIN) Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Siti Julaiha, S. Ag, M. Pd dan Hajriana, M. Pd.
Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap supervise kepala madrasah yang baik. Kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai supervisor sering mengontrol keadaan kelas sebagai bentuk pengawasan terhadap kinerja guru. Disaat guru di kunjungi kepala madrasah saat mengajar maka tidak sedikit guru yang berusaha menampilkan kinerja terbaik, dalam pelaksanaan proses belajarsesuai degan perencanaan pembelajaran. Akan tetapi peneliti menemukan masalah terkait pelaksanaan supervisi yaitu masih terdapat kendala waktu dikarenakan guru yang masuk kekelas tidak sesuai jam nya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisisdanmembuktikanpengaruh supervisi kepala madrasah terhadap tingkat komitmen guru di MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah kepala madarasah dan seluruh guru di MI Sullamul Hidayah Antasari Smaarinda yang berjumlah 1 kepala madrasah dan 17 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Intrumen dokumentasi digunakan untuk menguatkan dan mengumpulkan data penelitian. Hasil dari pengumpulan data tersebut dianaisis dengan menggunakan Koefesien Korelasi, Uji hipotesi (t), Uji koefesien Determinasi dan Regresi Linear Sederhana.
Berdasarkan hasil dari perhitungan mengenai pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap tingkatkomitmen guru di MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda. Mendapatkan hasil berpengaruh antara supervisi kepala madrasah terhadap tingkat komitmen guru di MI Sullamul Hidayah Antasari Samarinda, sebesar sebesar 4.050. Lalu, membandingkan nilai thitung dan ttabel dengan derajat signifikan 5% (0,05). Nilai ttabel dengan derajat kebebasan/responden 18-2 = 16 dengan ttabel 2.120, yang berarti Hα diterima karena thitung (4.573) > ttabel (2.120) yang artinya supervisi kepala madrasah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap komitmen guru. Pada Pearson Correlation variable supervisi kepala madrasah dan variabel komitmen guru tidak ada tanda negative di depan angkat korelasi. Maka artinya adanya hubungan korelasi positif antara variable X terhadap Y.