Show simple item record

dc.contributor.authorUsdiati, Usdiati
dc.date.accessioned2020-04-21T08:45:11Z
dc.date.available2020-04-21T08:45:11Z
dc.date.issued2017-08-24
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/395
dc.description.abstractABSTRAK Usdiati, 2017. “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Students Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas III SDN 019 Palaran Materi Bangun Datar Tahun Pembelajaran 2016/2017”. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M. Pd dan Abdul Razak, M. Pd. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 019 Palaran tahun pembelajaran 2016/2017 karena pelajaran matematika khususnya kelas III pada materi bangun datar dengan rumus keliling persegi dan keliling persegi panjang pada prestesi (hasil belajar) siswa tahun lalu, mereka mengalami kesulitan. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada pelajaran matematika materi bangun datar kelas III SDN 019 Palaran. 2. Mengetahui hasil belajar matematika dengan model Numbered Heads Together (NHT). 3. Mengetahui model pembelajaran Students Teams Achievement Divisions (STAD) pada pelajaran matematika materi bangun datar kelas III SDN 019 Palaran. 4. Mengetahui hasil belajar dengan model Students Teams Achievement Divisions (STAD). 5. Mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan model Numbered Heads Together (NHT) dan Students Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang mana subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 019 Palaran yang berjumlah 68 siswa, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada materi bangun datar. 2. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran NHT pada pre-test sebesar 50,29 menjadi 72,65 pada hasil post-test. 3. Model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada materi bangun datar. 4. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran STAD pada pre-test sebesar 41,18 menjadi 62,35 pada hasil post-test.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectHasil Belajar, Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Students Teams Achievement Divisionsen_US
dc.titlePerbedaan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Students Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas III SDN 019 Palaran Materi Bangun Datar Tahun Pembelajaran 2016/2017en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record