Analisis Pengaruh Promosi, Keamanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Berbelanja Konsumen di TikTok Shop (Studi pada Mahasiswa Strata 1 Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Abstract
ABSTRAK
Nur Saidah, 2023, “Analisis Pengaruh Promosi, Keamanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Berbelanja Konsumen di TikTok Shop (Studi pada Mahasiswa Strata 1 Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)”. Skripsi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Darmawati, M.Hum selaku pembimbing I dan Ibu Yovanda Noni, SE., M.E selaku pembimbing II.
Perkembangan dunia bisnis di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, terutama dalam bisnis yang berbasis dengan internet atau yang sering disebut e-commerce. Pertumbuhan bisnis e-commerce yang cepat, sejalan dengan makin banyaknya pengguna internet di Indonesia. Dengan adanya peningkatan jumlah pengguna internet yang signifikan maka akan memberikan peluang bagi pelaku bisnis toko online yang merupakan bagian e-commerce. Melihat fenomena diatas peneliti bermaksud melalukan penelitian ini. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apaka h ada pengaruh promosi, keamanan dan kualitas produk terhadap keputusan berbelanja konsumen pada TikTok Shop (Studi pada Mahasiswa Strata 1 Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif asosiatif. Penelitian ini menggunakan data primer dari angket yang diisi oleh Mahasiswa UINSI Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UINSI Samarinda yang berjumlah 6.650 Mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknis purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisi regresi linier sederhana dengan program SPSS 22.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan keamanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berbelanja konsumen pada TikTok Shop (Studi pada mahasiswa strata 1 Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda), sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh siginfikan terhadap keputusan berbelanja konsumen pada TikTok Shop (Studi pada mahasiswa strata 1 Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda). Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, kemanan dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja konsumen di TikTok Shop (Studi pada mahasiswa strata 1 Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda).
Kata Kunci: Promosi, Keamanan, Kualitas Produk, Keputusan Berbelanja