Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sdn 009 Tenggarong Seberang
Abstract
ABSTRAK
Liana Safitri 2023 “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sdn 009 Tenggarong Seberang”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah (PGMI). Jurusan Pendidikn Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag dan Ibu Lely Salmihta, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan peningkatan siswa dalam proses pembelajaran dimana sebuah proses pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran . Hal ini membuat model pembelajaran memiliki pengaruh yang sangat penting untuk menunjang tercapainya proses belajar mengajar yang efisien dan efektif. Sehingga berdasarkan hasil observasi bahwa di SDN 009 Tenggarong Seberang menggunakan penerapan model Quantum Teaching dalam pembelajaranya. Adapun keunggulan dari model ini ialah melatih kemandirian peserta didik dan memotivasi siswa
Dalam penelitian ini, digunakan metode kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pengamatan, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Selain itu, teknik analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian adalah di SDN 009 TENGGARONG SEBERANG dengan informan yaitu siswa kelas 4.5 tahun ajaran 2022/2023 dan guru mata pelajaran IPA.
Hasil penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sdn 009 Tenggarong Seberang sudah dilaksankan di kelas 4,5 dan dalam pembelajaran IPA ini dapat menarik minat belajar peserta didik membuat siswa di SDN 009 dapat belajar lebih aktif dalam pembelajaran IPA oleh karna itu siswa dapat lebih cepat fokus serta paham dengan apa yang telah diajarkan oleh guru.