Efektivitas Media Pembelajaran Bingo Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah AT-Taqwa Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Halimatussadiyah, 2023. “Efektivitas Media Pembelajaran Bingo Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah AT-Taqwa Samarinda”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Gianto, M.Pd.I dan Siti Nasiah, M.Pd.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurang bervariasinya media pembelajaran, karena dalam proses pembelajaran matematika menggunakan media yang terdapat di dalam kelas yaitu media papan tulis serta hanya mengacu pada sumber belajar yaitu Buku LKS. Sehingga proses pembelajaran matematika berlangsung secara monoton yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan hasil belajar siswa yang masih dibawah Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah AtTaqwa Samarinda pada mata pelajaran matematika dengan perolehan nilai rata-rata kelas VA sebesar 61,44 dan VB sebesar 63,58. Salah satu media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam merivew dan memperdalam materi ataupun konsep matematika serta membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan yaitu dengan menggunakan bingo. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mencari tahu keefektifan penggunaan media pembelajaran bingo terhadap hasil belajar matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design digunakan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran bingo dengan kelas kontrol yang menggunakan media lembar kerja siswa. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas V Madrasah Ibtidiayah At-Taqwa Samarinda yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebgai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata dan uji hipotesis. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji kesukaran soal dan uji daya pembeda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media pembelajaran bingo dengan yang menggunakan media pembelajaran lembar kerja siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai n-gain score kelas eksperimen sebesar 0,44 masuk pada kategori skor sedangdan kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 0,13 masuk pada kategori skor rendah, pada uji hipotesis menggunakan independen sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bingo efektif terhadap hasil belajar matematika siswa Madrasah ibtidaiyah At-Taqwa Samarinda.