View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Muslim Membeli Pakaian Thrifting di Kota Samarinda

Thumbnail
View/Open
Muhammad Iqbal Badawi.docx (16.37Kb)
Date
2023-03-15
Author
Iqbal Badawi, Muhammad
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Muhammad Iqbal Badawi, 2023. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Muslim Membeli Pakaian Thrifting di Kota Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Tikawati, S.E., M.Si dan Bapak Muhammad Hasbi, M.E. Permasalahan yang muncul adalah peraturan Permendag No. 18 Tahun 2020, tentang pelarangan penjualan barang bekas, tetapi melihat masih banyaknya toko-toko thrifting yang buka menyebabkan masyarakat berminat membeli barang tersebut. Tren fesyen kini menjadi gaya hidup masyarakat yang terus melekat di kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu fesyen thrift yang mana cukup terkenal dikalangan masyarakat khususnya usia remaja. Fesyen thrift menjadi alternative untuk mengeksplorasi penampilan, oleh karna itu mendapatkan pakaian bekas dengan harga yang murah namun kualitas masih bagus sangat diminati. Dengan demikian tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat muslim membeli pakaian thrifting di Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kauntitatif. Populasi yang digunakan sebanyak 775,993 masyarakat muslim Kota Samarinda yang terdata pada Badan Pusat Statistik Samarinda. Sampel yang di dapatkan mengunakan rumus slovin terdapat 100 data responden masyarakat muslim di Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik pengukuran menggunakan skala likert. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor harga dan kualitas secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat muslim membeli pakaian thrifting di Kota Samarinda. Kata kunci: Thrifting, Bekas, Harga, Kualitas, Minat.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4043
Collections
  • E-Skripsi - Ekonomi Syariah [351]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV