Show simple item record

dc.contributor.authorSamiati, Nur
dc.date.accessioned2024-02-20T01:44:59Z
dc.date.available2024-02-20T01:44:59Z
dc.date.issued2023-10-20
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4059
dc.description.abstractABSTRAK Nur Samiati, 2023. “Pengaruh Pelayanan Administrasi Kesiswaan Terhadap Kepuasan Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda” Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Siti Julaiha, S.Ag,M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. Imam Mohtar, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini membahas mengenai pengaruh pelayanan administrasi kesiswaan terhadap kepuasan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda, dalam hal pelayanan di suatu lembaga pendidikan dapat memberikan pelayanan yang baik, nyaman dan penuh kelemah lembutan kepada peserta didik agar dapat memberikan kepuasan karena kepuasan menjadi tolak ukur dalam keberhasilan suatu pelayanan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh pelayanan administrasi kesiswaan terhadap kepuasan peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis hitungan angka statistik dengan lokasi penelitian di MAN 1 Samarinda. Populasi penelitian ini seluruh kelas XI dan XII yang berjumlah 556 peserta didik, sampel sebanyak 83 orang, teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling artinya pengambilan sampel dilakukan dengan cara bertujuan, Sehingga teknik penarikan sampel menggunakan teknik slovin. Cara peneliti memperoleh dan mengumpulkan data penelitian dengan menyebarkan angket serta didukung dengan observasi, dan dokumentasi guna dapat memperkuat hasil angket. Setalah mendapatkan data, langkah selanjutnya ialah menganalisa data penelitian dimulai dari uji persyarat (uji normalitas dan uji linearitas), uji koefisien korelasi produk moment, uji hipotsis dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini, untuk pembuktian hipotesis didasarkan pada uji t diperoleh nilai thitung (0,944)> ttabel (0,215) pada sig, (0,05) menunjukkan bahwa Ha diterima sehingga pelayanan administrasi kesiswaan memiliki pengaruh yang signifikansi terhadap kepuasan peserta didik dengan nilai koefesien korelasi (r ) = 0,724. Sedangkan, hasil uji koefisien determinasi (r2) didapatkan nilai sebesar 52,4% yang diinterprestasikan besaran sumbangan pelayanan administrasi kesiswaan terdapat pengaruh tinggi terhadap kepuasan peserta didik, di mana sisanya 47,6% dipengaruhi oleh variabel lain.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPelayanan Administrasi, Kesiswaan, Kepuasan, Peserta Didiken_US
dc.titlePengaruh Pelayanan Administrasi Kesiswaan Terhadap Kepuasan Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record