Show simple item record

dc.contributor.authorAmanda, Nadia
dc.date.accessioned2024-02-21T02:06:50Z
dc.date.available2024-02-21T02:06:50Z
dc.date.issued2023-10-11
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4063
dc.description.abstractABSTRAK Nadia Amanda, 2023, “Efektivitas Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Darus Sakinah Tenggarong Seberang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Marniati Kadir M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Dr.Khusnul Khotimah S.Si.,M.Si selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPA peserta didik yang masih rendah. Rata-rata hasil belajar yang diperoleh masih banyak yang berada dibawah KKM 70. Selain itu, tidak semua peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran, tidak semua peserta didik memiliki keberanian dalam mengungkapkan pendapatnya, peserta didik cenderung diam jika diberi pertanyaan dan disuruh bertanya. Hal demikian membuat peserta didik lebih cepat bosan dalam pembelajaran IPA berlangsung. Dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga peserta didik aktif mengajukan pertanyaan, mengemukakan gagasan, mencari data dan informasi. Guna pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih efektif, maka diperlukan model pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran everyone is a teacher here. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran everyone is a teacher here efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Darus Sakinah Tenggarong Seberang. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Pre-test Post-test Non Equivalent Control Group Design. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik dikelas IV MI Darus Sakinah yang berjumlah 56 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A yang berjumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran everyone is a teacher here efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Darus Sakinah Tenggarong Seberang. Terbuktikan dari peningkatan rerata posttest untuk kelas eksperimen 85,00. Hal ini berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test, Sig (2-tailed) t-test < 0,05 atau jika t hitung < t tabel maka pengujian berhasil. Hasil dari uji t Independent Sampel t-testbernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05. Maka berkesimpulan bahwasanya menerima ha. Maka signifikan model pembelajaran everyone is a teacher here efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Darus Sakinah Tenggarong Seberang.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran, Everyone is a Teacher Here, Hasil Belajaren_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Darus Sakinah Tenggarong Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record