dc.description.abstract | ABSTRAK
Alisa Zahra, 2023. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Raudhah Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Gianto, M. Pd.I selaku dosen pembimbing I dan bapak Ahmad Maulana Syafi’i, M. Si selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah model pembelajaran scramble telah diterapkan pada proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah ArRaudhah Samarinda. Penerapan model pembelajaran scramble ini seharusnya dapat membuat siswa lebih bersemangat dan aktif pada saat kegiatan pembelajaran, namun ternyata pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran terlihat masih ada sebagian siswa yang kurang bersemangat, dan kurang fokus saat guru menerangkan materi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan sebagian siswa menjadi kebingungan pada saat mengerjakan tugas yang telah diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah ArRaudhah Samarinda.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi, dengan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 487 siswa. Teknik sampel pada penelitian ini memakai Non Probability Sampling (Non Random Sampling) dengan cara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa yaitu kelas VB yang berjumlah 23 siswa dan kelas VC yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket (model pembelajaran scramble), observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji t, dan uji korelasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu perhitungan uji t thitung < ttabel yakni sebesar 1,258 < 2,015 yang artinya penelitian ini Ho diterima dan Ha ditolak. Demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Raudhah Samarinda. | en_US |