Show simple item record

dc.contributor.authorFarijati, Nurul
dc.date.accessioned2024-02-22T03:08:53Z
dc.date.available2024-02-22T03:08:53Z
dc.date.issued2023-11-13
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4071
dc.description.abstractABSTRAK Nurul Farijati, 2023. “Bauran Pemasaran UMKM Tahu Tempe di Palaran Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Tahu Doko Dan UMKM Berkah Dua Putra Jaya)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Alfitri., MA.g., LL.M., Ph.D selaku dosen pembimbing 1 dan ibu Nurul Fadhilah, M.E selaku dosen pembimbing 2. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya UMKM industri tahu tempe yang cukup popular. Dari olahan yang berasal dari kedelai untuk dijadikan tahu tempe ini cukup digemari dan banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Agar UMKM Tahu Doko dan UMKM Berkah Dua Putra Jaya dapat berjalan dengan baik maka diperlukan strategi pemasaran yang baik dengan memperhatikan bagaimana penerapan merek, kualitas, dan desain untuk dapat mengenali barang dari suatu penjual dan untuk membedakan produknya dengan para pesaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pemasaran dan tinjauan ekonomi Islam terhadap pemasaran UMKM tahu tempe di Palaran. Metode penelitian yang digunakan ini adalah penelitian lapangan dengan jenis deskriftip kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, sehingga dapat diperoleh data primer dan sekunder. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, teknik keabsahan data dan triangulasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah yaitu dalam menjalankan pemasaran UMKM tahu tempe di Palaran yaitu pada UMKM Tahu Doko yang beralamat di Jalan An-Nur dan UMKM Berkah Dua Putra Jaya yang beralamat di Jalan Jakarta telah menerapkan konsep bauran pemasaran 7P berupa : produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik. Namun dari segi harga dan promosi belum sepenuhnya diterapkan dengan baik seperti dalam pemberian diskon/promo dan dalam menentukan promosi yang masih sangat perlu di perhatikan dan perlu diterapkan dengan baik. Sedangkan berdasarkan karakteristik pemasaran syariah yang dilakukan pada UMKM di Palaran sudah menerapkan 4 sifat karakteristik yaitu teistis (ketuhanan), etis (etika), realistis (kenyataan) dan humanistis (kemanusiaan). Sudah menerapkan prinsip keislaman sesuai dengan ajaran rasullah dengan tidak mengesampingkan kemaslahatan bersama. Kata kunci : Pemasaran, UMKM, Ekonomi Islamen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPemasaran, UMKM, Ekonomi Islamen_US
dc.titleBauran Pemasaran UMKM Tahu Tempe di Palaran Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Tahu Doko Dan UMKM Berkah Dua Putra Jaya)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record