Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Resiko, Ulasan Pembeli dan Rating Toko Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Pada Layanan Aplikasi Online oleh Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Anisa Vinola, 2023. “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Resiko, Ulasan Pembeli dan Rating Toko Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Pada Layanan Aplikasi Online oleh Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Samarinda”. Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M. Hum dan Alias Candra, M.E.I.
Memasuki era digital yang terus mengalami perkembangan dari masa ke masa membuat aktivitas di rumah semakin mudah, salah satu kecanggihan dari kemajuan teknologi ialah terciptanya layanan pesan antar makanan online. Hal ini menyebabkan meningkatnya kecenderungan pada penggunaan layanan tersebut. Tingginya kecenderungan dalam melakukan pembelian makanan secara online memunculkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian oleh mahasiswa, salah satunya kepercayaan. Oleh karena itu, kepercayaan penting untuk dimiliki oleh setiap individu agar tidak menimbulkan keraguan. Faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian adalah persepsi resiko. Perilaku memandang akan adanya ketidakpastian pada kemungkinan kerugian yang terjadi sehingga menimbulkan kekhawatiran. Faktor selanjutnya ialah ulasan pembeli yang kegiatan aktivitasnya mencari informasi produk pada kolom komentar. Kemudian faktor lainnya ialah didukung dengan adanya rating toko. Peringkat yang didapat di toko tersebut merupakan sebuah penilaian dari konsumen untuk mendapatkan citra baik sebagai tolak ukur. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, persepsi resiko, ulasan pembeli dan rating toko terhadap keputusan pembelian produk makanan pada layanan aplikasi online oleh Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling yakni teknik purposive sampling. Teknik ini menentukan sampel berdasarkan kriteria atau pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan aplikasi pengolah data SPSS versi 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kepercayaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel persepsi resiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel ulasan pembeli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel rating toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian perhitungan uji simultan variabel kepercayaan,persepsi resiko, ulasan pembeli dan rating toko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: kepercayaan, persepsi resiko, ulasan pembeli, rating toko, keputusan pembelian