Show simple item record

dc.contributor.authorArini, Niyatul
dc.date.accessioned2024-02-26T06:13:42Z
dc.date.available2024-02-26T06:13:42Z
dc.date.issued2023-09-05
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4082
dc.description.abstractABSTRAK Niyatul Arini, Efektivitas Strategi Marketing pada Pengusaha Toko Bangunan dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi pada Desa Kerta Buana Tenggarong Seberang), merupakan skripsi yang ditulis di bawah bimbingan Bapak Sugiyono, M.Kom. sebagai pembimbing I dan Ibu Dharma Yanti, S.E., M.Si. sebagai pembimbing II. Hal yang melatar belakangi skripsi ini yaitu strategi marketing yang efektif salah satu komponen terpenting dalam dunia usaha agar dapat membantu perkembangan dalam suatu usaha. Desa Kerta Buana Tenggarong Seberang termasuk desa dengan indeks ekonomi rendah berdasarkan dari indeks desa membangun, Toko Bangunan di Desa Kerta Buana menerapkan lebih sedikit strategi marketing dibandingkan dengan toko-toko lainnya, beberapa strategi marketing yang diterapkan oleh Toko Bangunan di Desa Kerta Buana Tenggarong Seberang, dengan kondisi seperti ini, jika tidak di atasi dengan segera maka dapat menyebabkan toko bangunan mengalami penurunan penjualan. Cara yang dapat dilakukan oleh pengusaha toko bangunan yaitu meningkatkan atau menambahkan strategi marketing yang digunakan agar lebih efektif. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi marketing yang digunakan oleh Toko Bangunan di Desa Kerta Buana Tenggarong Seberang dalam perspektif syariah, serta apakah strategi marketing yang digunakan efektif atau tidak efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder yaitu melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data ke tiga lokasi Toko Bangunan di Desa Kerta Buana Tenggarong Seberang untuk memperoleh sumber data dan informasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi metode yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan pendekatan yang berbeda tetapi dengan sumber yang sama, teknik triangulasi memeriksa tingkat kepercayaan antara sejumlah sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Bangunan di Desa Kerta Buana Tenggarong Seberang telah menerapkan beberapa strategi marketing dengan menggunakan 4p (product, price, place, promotion) dalam perspektif syariah, strategi marketing yang digunakan juga telah sesuai dengan karakteristik marketing syariah yaitu mencintai konsumen, jadikan jujur sebagai sebuah brand, melakukan segmentasi ala nabi, penuhi janji, dan menjaga keseimbangan alam Strategi marketing yang digunakan salah satu toko bangunan terbukti efektif, sedangkan dua toko bangunan lainnya terbukti tidak efektif. Kata Kunci : Strategi Marketing, Perspektif Syariah, Efektivitas.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Marketing, Perspektif Syariah, Efektivitas.en_US
dc.titleEfektivitas Strategi Marketing pada Pengusaha Toko Bangunan dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi pada Desa Kerta Buana Tenggarong Seberang)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record