dc.description.abstract | ABSTRAK
Melinia, 2023. “Pengaruh Tren, Kemasan, Dan Ketepatan Waktu Penelitian Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Pada Pengguna Shopee (Studi Kasus Mahasiswi FEBI UINSI Samarinda). Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda” penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Syafa, M. Pd, dan Ibu Nurul Fadhilah, S.S.T., ME.
Penelitian ini dilatarbelakanggi oleh fenomena jual-beli online via marketplace yang terus berkembang pesat di Indonesia. Salah satunya yang sangat marak digunakan oleh masyarakat indonesia saat ini adalah aplikasi belanja online Shopee. Peneliti memilih penelitian ini pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Hal ini dikarena mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam telah mempelajari tentang berbisnis, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam merupakan salah satu satu pengguna marketplace dalam pembelian hijab tersebut, dan apakah variabel tren, kemasan, dan ketepatan waktu pengiriman mampu mempengaruhi keputusan pembelian hijab mahasiswi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah tren, kemasan, dan ketepatan waktu pengiriman dapat mempengaruhi keputusan pembelian hijab mahasiswi.
Metode penelitian pada skripsi ini menggunakan metode kuantitatif dimana data yang diperoleh peneliti merupakan data primer, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Dengan jumlah sampel sebanyak 88 responden dari populasi sebanyak 693 mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam dari angkatan tahun 2019 sampai dengan tahun 2022.
Hasil penelitian ini secara parsial menunjukan bahwa tren berpengaruh positif secara signifikan dengan nilai 0,006 terhadap keputusan pembelian hijab. Kemasan tidak berpengaruh secara signifikan dengan nilai 0,449 terhadap keputusan pembelian hijab. Ketepatan waktu pengiriman berpengaruh positif secara signifikan dengan nilai 0,000 terhadap keputusan pembelian hijab. Hasil penelitian secara simultan atau uji F, berpengaruh secara bersamaan tren, kemasan, dan ketepatan waktu pengiriman berpengaruh signifikan dengan nilai 0,000 < 0,05 terhadap keputusan pembelian hijab.
Kata Kunci: Tren, Kemasan, Ketepatan Waktu Pengiriman, Dan Keputusan Pembelian Hijab. | en_US |