Show simple item record

dc.contributor.authorThoibah, Zahratun
dc.date.accessioned2024-02-27T01:39:08Z
dc.date.available2024-02-27T01:39:08Z
dc.date.issued2023-09-11
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4087
dc.description.abstractABSTRAK Zahratun Thoibah 1831710116, 2023, “Analisis Perilaku Pedagang Ayam Potong dalam Perspektif Etika Bisnis Islam ( Studi kasus Pedagang Ayam Potong di Pasar Rahmat JL. Lambung Mangkurat Pelita, Kota Samarinda ) “. Skripsi, Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Tikawati, S.E, M.Si selaku Pembimbing I dan ibu Hj. Kokom Komariah, SP., M.Si selaku Pembimbing II. Perilaku penyimpangan sering sekali ditemui di pasar tradisional oleh karena itu etika bisnis Islam sangat berperan dalam mengatur perilaku para pedagang, para pedagang harus mempunyai perilaku atau sifat-sifat yang diajarkan Rasulullah seperti berperilaku jujur, amanah, ramah dalam melayani pembeli. Penerapan etika yang benar akan membuat kegiatan bisnis yang dijalankan akan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak menyimpang, sehingga tidak ada pihak manapun yang merasa dirugikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perilaku pedagang ayam potong di pasar Rahmat di Jl. Lambung Mangkurat Pelita, Kota Samarinda ditinjau dari etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara yang dilakukan dengan 26 pedagang ayam potong dan 16 konsumen sebagai penguat data yang diperoleh, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik yang di kembangkan oleh Miles dan Huberman. pedagang ayam potong di pasar rahmat telah berjalan dengan baik Perilaku Pedagang ayam potong di pasar Rahmat secara keseluruhan pedagang berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk pembeli tanpa membeda-bedakan pembeli, namun masih terdapat perilaku pedagang menyembunyikan cacat. mayoritas pedagang di pasar rahmat yang sudah menerapkan etika bisnis Islam seperti perilaku pedagang yang berusaha bersikap jujur dalam perdagangan seperti jujur dalam menetapkan harga, tidak menyembunyikan cacat barang yang dijual, amanah, berusaha menepati janji, menerapkan prinsip kehendak bebas dan bertanggung jawab terhadap tempat berdagang dan tempat penyembelihan, dalam peroses peyembelihan ayam pedagang menggunakan pisau yang tajam dan mambaca basmallah yang sesuai dengan cara menyembelih dalam islam, dantidak membuang limbah ayam sembarangan. Kata Kunci: Perilaku pedagang, Etika Bisnis Islamen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPerilaku pedagang, Etika Bisnis Islamen_US
dc.titleAnalisis Perilaku Pedagang Ayam Potong dalam Perspektif Etika Bisnis Islam ( Studi kasus Pedagang Ayam Potong di Pasar Rahmat JL. Lambung Mangkurat Pelita, Kota Samarinda )en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record