Pengaruh Pemahaman Riba, Bagi Hasil dan Keragaman Produk Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah dengan Promosi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Syariah FEBI UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Abstract
ABSTRAK
Egha Muliyani, 2023 “Pengaruh Pemahaman Riba, Bagi Hasil dan Keragaman Produk Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah dengan Promosi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Syariah FEBI UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Hj. Kokom Komariah, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Alias Chandra, M.E.I Selaku pembimbing II.
Mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Syariah UINSI Samarinda telah mempelajari mengenai perbankan konvensional dan perbankan syariah yang di dalamnya memiliki sistem yang berbeda. Dengan demikian pemahaman riba, dan bagi hasil menjadi faktor dalam memilih menggunakan bank syariah, serta promosi yang mendukung dalam penawaran produk yang dimiliki oleh perbankan syariah menjadi faktor mahasiswa berminat menjadi nasabah bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman riba, pemahaman bagi hasil dan keragaman produk yang dimoderasi oleh promosi terhadap minat mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Syariah menjadi nasabah bank syariah.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Syariah UINSI Samarinda. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik non probability sampling dan mendapatkan 93 sampel dari mahasiswa Ekonomi dan Perbankan Syariah. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear bergandan dan MRA (Moderated Regression Analisis) dengan analisis data uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien, uji simultan, dan uji parsial menggunakan bantuan Software Microsoft Excel 2017 SPSS versi 21.
Hasil perhitungan uji simultan model I dan model II yang menggunakan variabel promosi t hitung menunjukkan bahwa ketiga variabel (X1,X2, dan X3) secara keseluruhan berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah dengan nilai f hitung 71,972 di model I dan 38,243 di model II. Sedangkan secara parsial, hubungan antara variabel pemahaman riba terhadap minat tidak berpengaruh karena menunjukkan nilai signifikansi 0,62>0,05. Hubungan antara variabel pemahaman bagi hasil terhadap minat berpengaruh dengan nilai sig 0,001<0,05. Hubungan antara keragaman produk terhadap minat berpengaruh dengan nilai sig 0,000<0,05. Sedangkan hubungan antara masing-masing variable ketika adanya variabel promosi sebagai variabel moderasi secara parsial antara pemahaman riba terhadap minat menjadi berpengaruh dengan nilai sig 0,45<0,05. Sedangkan hubungan antara pemahaman bagi hasil terhadap minat menjadi melemah dan tidak berpengaruh dengan nilai sig 0,334>0,05. Dan hubungan antara keragaman produk terhadap minat menjadi melemah dan tidak berpengaruh dengan nilai sig 0,778>0,05.
Kata Kunci: Pemahaman Riba, Pemahaman Bagi Hasil, Keragaman Produk, Promosi, Bank Syariah, Mahasiswa