dc.description.abstract | ABSTRAK
Tri Lidya Octaviani, 2023. “Efektivitas Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Volume Kubus dan Balok Siswa Kelas V Di SD Islam Al Hikmah Samarinda”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Abdul Razak, M.Pd dan Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Sebagian peserta didik tidak mampu dalam menyelesaikan soal ulangan harian pada materi volume kubus dan balok padahal soal harian tersebut sama seperti soal yang diberi saat latihan hanya saja angka-angkanya yang diubah. Melalui hasil observasi diketahui bahwa salah satu penyebabnya adalah karena materi volume kubus dan balok di kelas V levelnya sudah semakin susah dibanding dengan kelas rendah. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil observasi pada nilai ulangan harian matematika pada materi volume kubus dan balok dengan presentase hasil belajar yaitu 53% peserta didik di kelas V Yaqub yang mendapatkan nilai tidak tuntas. Sedangkan pada kelas V Ishaq presentase hasil belajar yaitu 59% peserta didik yang mendapatkan nilai tidak tuntas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode problem solving efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi volume kubus dan balok siswa kelas V di SD Islam Al Hikmah Samarinda.
Pendekatan penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini ialah eksperimen dan desain yang digunakan ialah quasi eksperimen. Adapun desain quasi eksperimen yang dipakai ialah nonequivalent control group design desain tersebut digunakan untuk membandingkan kelompok eksperimen dengan metode problem solving dan kelompok kontrol dengan metode konvensional, serta sampel diambil tidak secara acak, kedua kelompok tersebut diberi pretest kemudian diberi perlakuan dan terakhir diberi postest. Populasi sekaligus sampel yang digunakan ialah seluruh peserta didik kelas V di SD Islam Al-Hikmah Samarinda yang berjumlah 75 orang. Adapun kelompok eksperimen adalah kelas V Yaqub dan kelompok kontrol adalah kelas V Ishaq. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Adapun, Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prayarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis yang digunakan ialah uji Z.
Nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen adalah 53,16 dan nilai rata-rata postest adalah 83,85. Sedangkan, nilai rata-rata pretest kelompok kontrol adalah 49,93 dan nilai rata-rata postest adalah 79,02. Hasil postest uji hipotesis pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,015 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada sebuah perbedaa pada hasil belajar dengan menerapkan metode problem solving dan metode konvensional. Dapat disimpulkan bahwa metode problem solving efektif terhadap hasil belajar matematika pada materi volume kubus dan balok siswa kelas V di SD Islam Al Hikmah Samarinda. | en_US |