dc.description.abstract | ABSTRAK
Mayang Rosadi, 2023. “Pengaruh strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Ar-Raudhah Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Gianto, M.Pd.I dan Saipul Hadi, M.Pd.I.
Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran yang masih berpusat kepada guru, sehingga peserta didik tidak diberi kesempatan untuk berperan aktif yang membuat mereka kurang berminat pada pembelajaran IPS yang ditandai dengan tidak fokus, mengantuk bahkan enggan memberikan pendapat dan memberikan jawaban atas pertanyaan yang mereka dapat dari guru. Dari permasalahan tersebut cara guru mengatasinya dengan menggunakan salah satu strategi yang dapat membangkitkan minat belajar peserta didik yaitu menggunakan strategi everyone is a teacher here. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh yang signifikan antara strategi everyone is a teacher here terhadap minat belajar IPS dan untuk mengetahui besar pengaruh strategi everyone is a teacher here terhadap minat belajar IPS di kelas VI MI Ar-Raudhah Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian kuantitatif menggunakan expost facto. Penelitian dilakukan di MI Ar-Raudhah Samarinda. Populasi berjumlah 70 peserta didik dan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan seluruh populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket dan dokumentasi. Data penelitian yang telah ada, akan di analisis menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalias, uji homogenitas, uji linearitas, uji analisis regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi dan uji t.
Hasil dari penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap minat belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VI di MI Ar-Raudhah Samarinda. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji analisis regresi linear sederhana memperoleh konstanta 10,223, lalu koefisien regresi X sebesar 1,211 sehingga arah pengaruh strategi everyone is a teacher here terhadap minat belajar IPS adalah searah dan positif. Dari hasil uji R square diperoleh 0,340 (34,0%) menunjukkan bahwa variabel strategi everyone is a teacher here memiliki pengaruh terhadap variabel minat belajar IPS sebesar 34,0%. Sedangkan sisanya 66,0% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Hasil uji t ditemukan bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (5,912 > 1,668), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi everyone is a teacher here terhadap minat belajar IPS dan pengaruh strategi everyone is a teacher here sebesar 34,0% terhadap minat belajar IPS di kelas VI MI Ar-Raudhah Samarinda. | en_US |