dc.description.abstract | ABSTRAK
Nur Annisa, 2023, “Pengaruh Video Pembelajaran Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 002 Muara Ancalong Kutai Timur”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Juhairiah, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Wildan Saugi, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kemampuan membaca peserta didik yang masih rendah. Proses Pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor yang menguatkan dan saling bergantung yaitu guru, peserta didik, media dan metode pembelajarannya. Masing-masing komponen tersebut berperan mempengaruhi optimalisasi proses pembelajaran. Guna pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih efektif, maka diperlukan media pembelajaran salah satunya dengan menggunakan video pembalajaran animasi. Video pembelajaran animasi merupakan media audio visual yang dapat menarik perhatian peserta didik karena gambarnya bergerak serta warna-warni yang terdapat dalam video menjadi daya tarik peserta didik dan gambar objek lebih fleksibel dan terlihat seperti nyata sehingga peserta didik senang memperhatikan video animasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan seberapa efektif video pembelajaran animasi terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SDN 002 Muara Ancalong.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True-Eksperimen dengan desain Pottest-Only Control Design dan jenis penelitian ini yaitu dengan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peseta didik kelas II SDN 002 Muara Ancalong yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Instrumen yang digunakan berbentuk penilaian untuk mengukur kemampuan membaca siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, uji hipotesis dan uji effect size.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh video pembelajaran animasi terhadap kemampuan membaca siswa kelas II hal ini berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan independent simple t-test yaitu Sig. (2- tailed) bernilai 0,001. Karena nilai 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dibuktikan dengan kenaikan nilai rata-rata pre test sebesar 58,33 dan nilai post test sebesar 83,66 untuk kelas eksperimen,nilai rata-rata pre test sebesar 58,33 dan nilai post test sebesar 61,33 untuk kelas kontrol. Berdasarkan uji effect size terdapat hasil 1,62 > 0,8 artinya penggunaan video pembelajaran animasi terhadap kemampuan membaca siswa kelas II sangat efektif dan cocok untuk digunakan di buktikan dengan hasil uji effect size 1,62 yang tergolong besar. | en_US |